Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Peringati Hari Veteran, Bung Edi Ajak Kaum Muda Warisi Nilai-nilai Perjuangan

Malang, (malangkota.go.id) – Dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus, Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko menggelar apel bersama dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Veteran, Kota Malang, Rabu (10/8/2022).

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko foto bersama usai tabur bunga, di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Veteran, Kota Malang, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, gelaran ini sebagai wujud penghormatan dan terima kasih kepada para mantan pejuang ini atas perjuangannya mengusir penjajah di tanah air ini.

Pria yang kerap disapa Bung Edi itu menambahkan, sebutan untuk pahlawan yang gugur di medan perang adalah pahlawan. Sedangkan para pejuang yang hingga kini masih hidup adalah Veteran. Meski demikian, semua pihak harus memberi penghormatan setinggi-tingginya kepada mereka. Karena pada dasarnya saat berperang mengusir penjajah mereka rela mengorbankan jiwa dan raga.

Nilai-nilai kepahlawanan dan perjuangan itulah, terang pria berkacamata itu yang harus diwarisi oleh semua warga masyarakat, khususnya kaum muda. “Berkat perjuangan para pahlawan yang gigih itulah, kita bisa menikmati kemerdekaan sampai hari ini dan Merah Putih gagah berkibar di angkasa,” jelasnya.

Lebih jauh Bung Edi menyampaikan, dalam upaya menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi maka pada momen ini juga dilibatkan para anggota dari Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (GM-FKPPI) dan Pemuda Panca Marga (PPM). Sehingga mereka juga bisa belajar dan bertanya langsung kepada para pelaku sejarah ini.

Menurut Bung Edi, selama ini Pemkot Malang selalu memberi dukungan dan bekerja sama dengan para Veteran ini. Seperti halnya untuk fasilitasi dalam memberi pembelajaran kepada siswa terkait nilai-nilai kebangsaan, kepahlawanan, dan cinta tanah air. Sehingga ke depan akan melahirkan generasi bangsa yang bermartabat, memiliki nasionalisme dan patriotisme yang tinggi di tengah kemajuan zaman. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content