Berita Ekonomi Kerakyatan

Pemprov Jatim (juga) Gelar Operasi Pasar di Kota Malang

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur turun tangan dalam upaya menekan angka inflasi yang dipicu adanya penyesuaian harga bahan bakar minyak beberapa waktu lalu dengan operasi pasar. Berlabel operasi pasar lumbung pangan Jatim, gelaran ini dimulai sejak Senin 19 September 2022 dan akan dilakukan secara berkesinambungan.

Warga menyerbu operasi pasar yang digelar Pemprov Jatim, Senin (19/09/2022).

Program ini menyasar 25 pasar rakyat yang menjadi pantauan Badan Pusat Statistik (BPS) dan tersebar di delapan kabupaten/kota. Seperti pasar di Sumenep, Surabaya, Kediri, Madiun, Probolinggo, Banyuwangi, Jember, dan Kota Malang. Kali ini, di Kota Malang operasi pasar ditempatkan di Pasar Besar dan Pasar Dinoyo. Berikutnya, akan ditambah di Pasar Blimbing.

Beberapa hal itu yang disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Konsumen Malang, Diskopindag Jawa Timur, Tri Soebijantoro pada Senin (19/9/2022) saat ditemui di Pasar Besar Kota Malang. Menurutnya, program ini sebagai langkah nyata Pemprov Jatim untuk terus menekan inflasi dan memenuhi kebutuhan sembako masyarakat dengan harga murah.

“Dengan operasi pasar ini diharapkan daya beli masyarakat terjaga dan mencegah adanya keresahan akibat mulai naiknya harga sejumlah kebutuhan atau inflasi,” imbuhnya.

Operasi pasar serupa, kata Tri, akan digelar pekan depan atau setiap hari Senin. Harga semua komoditi yang dijual pun dipastikan lebih murah jika dibanding dengan harga di pasaran. Dia mencontohkan, untuk gula pasir dijual Rp12 ribu per kilogram, sedangkan di pasaran Rp14 ribu. Begitu juga telor dari harga Rp26 ribu per kilogram di pasaran, dijual Rp20 ribu saat operasi pasar ini. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content