Berita Olahraga

Sport Tourism Kota Malang Untuk Bersama Cetak Juara

Malang, (malangkota.go.id) – Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 Jawa Timur mengusung tema ‘Bersama Cetak Juara’. Pada gelaran yang dilaksanakan di GOR Ken Arok Kota Malang, Jumat (23/9/2022) tersebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan sejumlah penghargaan. Penghargaan diberikan kepada para pelatih, mantan atlet, dan sejumlah atlet yang meraih medali di beberapa kejuaraan, seperti Pekan Olahraga Nasional di Papua dan Asian Para Games di Solo beberapa waktu lalu.

Wali kota Malang, Drs H Sutiaji mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan penghargaan dalam peringatan Haornas di GOR Ken Arok, Jumat (23/9/2022).

Sesuai tema yang diusung, Khofifah mengajak semua kepala daerah untuk terus melakukan pembinaan dan penguatan terhadap berbagai cabang olahraga, terutama untuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bagi 14 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade dan atlet Jawa Timur selalu meraih medali seperti panahan dan renang. Setiap daerah, terang mantan Menteri Sosial itu, pasti memiliki keunggulan. Misalnya Malang Raya dengan sport tourism-nya, Surabaya dengan sport science dan Madiun dengan sport industrinya.

Dari potensi yang ada, Khofifah bertekad untuk menyinkronkan dan atau mengolaborasikan semua itu guna mencetak juara bersama, sehingga para atlet dari Jawa Timur akan berbicara lebih banyak lagi dalam setiap ajang dan level kejuaraan. Seperti di Sea Games,  Asian Games hingga olimpiade. Setiap kepala daerah pun diajak untuk terus meningkatkan pembinaan atlet agar apa yang dicanangkan tersebut dapat terealisasi dengan baik.

Khofifah juga mengajak untuk membangun komitmen bersama tidak hanya untuk cabang olahraga prestasi tapi juga olahraga masyarakat. Misalnya Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) yang revitalisasinya mulai berjalan. “Di sisi lain, bagaimana membangun budaya untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, sehingga dari semua itu akan berseiring antara prestasi dan peningkatan ekonomi,” paparnya.

Pernyataan serupa disampaikan Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji yang juga mengaku siap untuk mendukung serta merealisasikan apa yang diinstruksikan oleh Gubernur Khofifah itu. “Untuk Kota Malang sport tourism tidak diragukan lagi. Kabupaten Malang dan Kota Batu menjadi penopang kuat karena posisi Kota Malang ada di antara dua daerah tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan Wali Kota Sutiaji, bahwa dalam waktu dekat Kota Malang akan ditempati event skala nasional dan internasional. Di antaranya yaitu Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), kejuaraan bulu tangkis Indonesia master dan lain-lain. “Kami sudah menyiapkan semuanya dan saya kira ini menjadi nilai yang positif,” imbuhnya.

Lebih jauh orang nomor satu di Pemkot Malang itu mengatakan, bahwa dari sarana prasarana seperti gelanggang olahraga dan hotel sudah memadai. “Ditunjang dengan aneka kuliner maka berbagai perhelatan besar olahraga tersebut sangat tepat untuk digelar di Kota Malang. Tak hanya dari sektor pariwisata tapi dari sektor ekonomi nantinya akan meningkat signifikan. Maka misi tema Haornas untuk ‘Bersama Cetak Juara’, akan terwujud secara optimal,” pungkas Sutiaji. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content