A. Highlight Berita

Pesan Wali Kota Sutiaji Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Malang, (malangkota.go.id) – Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dengan upacara yang berlangsung khidmat di halaman Balai Kota Malang, Sabtu (1/10/22).

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat menjadi  inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat ditemui seusai upacara berpesan serta mengajak semuanya untuk senantiasa menjadikan Pancasila sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara.

“Tadi dalam ikrar sudah disebutkan bahwa ternyata sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan,” papar Wali Kota Sutiaji yang sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara.

Menurutnya, Pancasila sangatlah luar biasa. Dari sila ke-1 hingga sila ke-5 jika dilihat dari atas ke bawah atau sebaliknya mempunyai hierarki serta keterikatan yang luar biasa. Nilai keberagamaan yang terkandung dalam sila kesatu tidak hanya literatif saja melainkan juga diimplementasikan ke dalam nilai-nilai kemanusiaan dalam sila kedua.

“Sila pertama mengembrio sila kedua, lalu sila kedua apabila benar-benar dihayati maka muncul sila ke tiga persatuan. Dan untuk menata persatuan dan kesatuan maka ditengah kebhinekaan memakai demokrasi. Tujuannya atau golnya adalah adanya keadilan di semua penjuru, kalangan dan seterusnya. Itulah hebatnya,” papar Sutiaji.

Lebih lanjut ia berpesan membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi segala tantangan yang muncul. Sehingga keutuhan NKRI terjaga, serta keadilan bagi seluruh bangsa Indonesia dapat tercapai. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content