Artikel Kuliner

Bakso Bakar Trowulan, Jujugan Kuliner Wisatawan di Malang

Malang, (malangkota.go.id) – Kota Malang terkenal dengan baksonya. Tak heran jika banyak sekali kedai bakso di seluruh sudut Kota Malang. Salah satu tempat makan bakso yang populer dan menjadi destinasi kuliner favorit warga Malang maupun wisatawan adalah Bakso bakar Trowulan.

Bakso Bakar Trowulan

“Kalau bukannya sudah sejak tahun 1999 oleh Pak Busiri lalu sekarang dikelola adiknya Pak Abdul Choliq. Dari awal lokasinya di sini,” ujar Samsul, salah seorang karyawan Bakso Bakar Trowulan.

Samsul mengungkapkan bahwa jika hari Sabtu, Minggu, dan hari libur kedai ini semakin ramai. “Bisa 2.000 sampai 2.500 butir bakso habis. Itu sekitar 25 kilogram daging sapi. Kalau libur banyak juga dari luar kota, wisatawan. Tapi kalau hari biasa, biasanya ya habisnya sekitar 15 kilogram, kadang 17 kilogram daging sapi,” sambungnya.

Tak hanya menyediakan bakso bakar, di kedai ini penikmat kuliner juga dapat mencicipi bakso rebus dan tahu. Namun, sesuai namanya, tentu yang menjadi favorit di sini adalah bakso bakarnya.

Baksonya sungguh nikmat, sangat terasa daging sapinya dan kenyal bakso yang dilumuri bumbu kecap ini dibakar di bara api yang berasal dari arang, membuat aromanya sungguh sedap di hidung dan membuat perut makin keroncongan.

Ada dua varian bakso bakar di sini, yakni pedas dan tidak pedas juga disediakan dengan kuah dan sous. Pelanggan bisa mengambil sendiri kuah dan sous sesuai selera. Begitu menggigit baksonya, akan langsung terasa bakso sapi dengan bumbu yang meresap sempurna. Ada juga aroma dan rasa bakaran yang khas.

Untuk bakso rebus, pembeli juga bisa mengambil sendiri bakso, tahu, sukun, juga kuahnya. Ada dua jenis bakso yang bisa dipilih, bakso halus dan kasar alias bakso urat. Aroma kuah kaldu gurih berwarna bening amat memanjakan lidah. Kuahnya gurih dengan tingkat keasinan yang pas. Baksonya pun terasa kenyal namun tetap padat dengan rasa daging sapi yang kuat. Cita rasa bakso akan semakin nikmat saat dipadukan dengan sambal, kecap, dan saos yang bisa Anda racik sendiri sesuai selera. Sebutir bakso di kedai ini dijual seharga Rp3.500,00

Nawak Ngalam yang ingin mencicipi cita rasa bakso bakar Trowulan bisa langsung datang saja ke kedai yang beralamat di Jl. Candi Trowulan No 65, Kota Malang. Kedai ini buka setiap hari pukul 10.30-19.00 WIB. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content