A. Highlight Berita Sosial dan Kesra

Sutiaji Pimpin Upacara Hari Santri 2022 dan Buka Halal Tourism Bazaar Moslem Friendly

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022 di depan Balai Kota Malang, Senin (24/10/2022). Kegiatan pameran bertajuk “Halal Tourism Bazaar Moslem Friendly” juga turut digelar dan dibuka langsung oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji untuk memeriahkan HUT ke-7 Hari Santri Nasional tersebut.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyerahkan apresiasi secara simbolis kepada 100 orang guru ngaji atau pengajar di pondok pesantren, madrasah diniyah dan TPQ

Pada peringatan Hari Santri yang mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” ini, Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan bahwa santri menjadi perisai diri dan lingkungan. “Namanya perisai itu kan menangkal dirinya dari gangguan diri sendiri, emosional, lingkungan dan lain-lain. Ketika setiap orang mampu menjadi perisai dirinya insyallah aman,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, golnya adalah bagaimana manusia itu diciptakan menjadi pemakmur alam semesta. Sehingga santri diharapkan dapat menjadi penguat dan penerus menjaga kedamaian, penyalur kebaikan, seperti yang tertuang dalam resolusi jihad dan ikrar santri yang turut dibacakan dalam upacara pagi ini.

“Di tengah segala tantangan yang dihadapi, dunia digitalisasi diharapkan dapat menjadi kekuatan.
Arek-arek Malang santri-santri Malang saya mohon untuk memviralkan kebaikan yang dulu kita peroleh di pesantren. Pesantren bukan hanya di pondok namun pesantren ada nilai-nilai kebaikan, nilai-nilai jihad, nilai-nilai mengabdi serta nilai tawadhu,” pesan Sutiaji.

Dalam sambutannya, Sutiaji membacakan amanat Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas yang menyampaikan bahwa santri dengan segala kemampuannya sedari dulu telah terlibat secara aktif disegala aspek baik perpolitikan, pendidikan sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama.

“Meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam perilakunya. Dan peringatan hari santri bukanlah milik santri semata. Hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan,” lanjut Sutiaji membacakan amanat Menteri Agama.

Terkait pameran Halal Tourism Bazaar Moslem Friendly, menurutnya juga telah menjadi program Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Panjang (RPJM) Nasional hingga tahun 2024 di mana Indonesia menjadi destinasi wisata halal dunia.

“Pelan tapi pasti kita sekarang sudah giatkan untuk itu, sehingga halal center-halal center yang ada diperguruan tinggi dan di pondok pesantren bisa meningkatkan pengawasan dan memfasilitasi UMKM. Sehingga UMKM kita mendunia karena banyak negara yang mengambil, ketika diekspor meminta sudah ada sertifikasi halalnya,” terangnya.

Seusai upacara Sutiaji turut menyerahkan apresiasi secara simbolis kepada 100 orang guru ngaji atau pengajar di pondok pesantren, madrasah diniyah dan TPQ yang belum mendapatkan insentif. Ia juga menyerahkan apresiasi kepada para juara Seleksi Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren (POSPEDA) tingkat provinsi tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dalam rangka menyongsong POSPENAS IX. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content