Berita Sains dan Teknologi

Hadirkan Titik Baca, Perkuat Upaya Mencerdaskan Bangsa

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) tiada henti melahirkan terobosan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji secara simbolik meluncurkan inovasi Titik Baca

Kemudahan mengakses koleksi buku digital melalui pemanfaatan teknologi menjadi spirit di balik Inovasi Titik Baca yang diluncurkan secara simbolis oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji di Balai Kota Malang, Kamis (10/11/2022).

“Apresiasi, ini bagus dan sudah jadi yang komitmen kami. Harapannya tentu 87 budaya membaca meningkat karena makin mudah kita akses,” ungkap Sutiaji.

Lewat inovasi titik baca, masyarakat tinggal melakukan scan QR Code yang tersedia di lokasi untuk dapat mengakses koleksi buku digital yang dimiliki Pemkot Malang.

Kepala Dispussipda Kota Malang, Ir. Yayuk Hermiati, MH merinci jumlah koleksi yang tersedia mencapai 1.087 buku digital. Meliputi 287 judul buku umum dan 800 judul buku pendidikan.

Dia menambahkan bahwa pascapeluncuran perdana Titik Baca di Balai Kota Malang segera disusul dengan aktivasi belasan titik lainnya di berbagai fasilitas publik.

Di antaranya di Alun-Alun, Mal Pelayanan Publik, Malang Creative Center, area Car Free Day, Idjen Boulevard hingga seluruh perpustakaan SD dan SMP di Kota Malang.

“Cukup pakai HP, tidak pakai daftar, langsung scan bisa baca di tempat dengan radius 100 meter (dari titik QR Code). Jadi memudahkan,” terang Yayuk.

Peluncuran yang dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, sekaligus menjadi refleksi semangat Pemerintah Kota Malang mengisi kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan lewat upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. (ndu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content