Berita Pelayanan Publik

Sambang Warga, Upaya Pemkot Malang Dekatkan Pelayanan dan Serap Aspirasi

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berinovasi untuk mendekatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat Bumi Arema. Salah satu upaya yang dilakukan terlihat kala Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji bersama jajaran Pemkot Malang menggelar Sambang Warga di wilayah Kecamatan Kedungkandang, Jumat (6/1/2023).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengunjungi warga saat Sambang Warga di wilayah Kecamatan Kedungkandang

Dalam kegiatan Sambang Warga ini, selain berdialog menampung aspirasi warga dan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan, Pemkot Malang juga menghadirkan berbagai pelayanan yang langsung bersentuhan dengan warga masyarakat, mulai dari pelayanan kesehatan, perizinan, pencatatan sipil dan pelayanan publik lainnya.

“Sudah kami canangkan dari awal tahun 2023 ini, kami Sambang Warga setiap hari Jumat dengan semua perangkat daerah terkait. Kita ajak berkeliling kelurahan sambil menyelenggarakan pelayanan,” terang Sutiaji.

Orang nomot satu di jajaran Pemkot Malang tersebut mengungkapkan, selain menampung aspirasi masyarakat serta mengetahui kondisi riil di lapangan. Melalui Sambang Warga ini diharapkan dapat semakin mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat, sehingga dapat memudahkan masyarakat melakukan pengurusan berbagai dokumen administrasi maupun perizinan.

“Hari ini kita ajak beberapa layanan, ini ada mobilnya Dispendukcapil, ada Bapenda, Disnaker-PMPTSP, Tugu Tirta, ada Bank Jatim, dan juga Diskopindag. Ada yang melayani merk, ada yang menggurus PIRT, izin usaha, jadi sambil memberikan literasi kepada masyarakat,” tambahnya.

Seperti dijelaskan Wali Kota Malang, beberapa layanan yang hadir diantaranya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang memberikan sosialisasi terkait perpajakan daerah. Selain itu wajib pajak akan dibantu cek Nomor Objek Pajak (NOP), apakah ada tunggakan atau tidak, termasuk informasi yang lain seperti mengurus Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan pajak lainnya.

Selanjutnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang yang memberikan layanan terkait Kartu Identitas Anak (KIA), Identitas Kependudukan Digital (IKD), serta verifikasi pencatatan sipil seperti akta, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sedangkan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) terkait fasilitasi merek dan membantu pemberkasan untuk mempermudah dalam mengurus perizinan berusaha bagi usaha mikro.

Disnaker-PMPTSP pada kesempatan ini juga melakukan pelayanan dengan pendampingan OSS. Ada juga Perumda Air Minum Tugu Tirta yang membuka pelayanan pengaduan dan pelayanan pendaftaran pasang baru, serta ada Bank Jatim yang membuka loket untuk berbagai jenis pembayaran. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content