Berita Pelayanan Publik

Warga Antusias Manfaatkan Pelayanan Jemput Bola di Temu Warga

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menghadirkan berbagai pelayanan publik yang langsung bersentuhan dengan warga masyarakat dalam kegiatan Temu Warga di Kantor Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jumat (13/1/2022). Pelayanan publik jemput bola yang dihadirkan mulai dari pelayanan kesehatan, perizinan, pencatatan sipil, pajak dan pelayanan publik lainnya.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat mengunjungi Gebyar Layanan Keliling di Kelurahan Dinoyo

Warga masyarakat sekitar mengaku merasa terbantu dengan adanya layanan keliling ini karena memberikan kemudahan bagi warga.

Seperti yang diutarakan salah satu warga, Herlin, yang memanfaatkan gebyar layanan ini. Ia mengaku sangat terbantu karena tidak perlu lagi untuk antre berjam-jam. Selain itu, menurutnya pelayanan keliling ini memudahkan masyarakat karena dalam satu lokasi ada berbagai layanan yang dapat dimanfaatkan.

“Ini tadi saya pembayaran PBB, mengurus KIA anak sama bayar pajak motor. Tadi setelah dibantu cek oleh petugas, ternyata ada pajak tahun 2013 yang belum terbayar. Sehingga saat diberikan informasi tersebut, sekalian dilunasi yang sebelum-sebelumnya supaya tidak ada denda lagi,” ungkap Herlin.

Senada, salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bernama Eka Nurin mengatakan bahwa ia sangat senang dengan kegiatan jemput bola yang diselenggarakan oleh Pemkot Malang ini. Eka yang memiliki usaha kue kering dan kue basah memanfaatkan gebyar layanan tersebut untuk mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Alhamdulillah lancar dan gampang, nggak membutuhkan waktu yang lama langsung jadi NIB-nya. Layanan ini sangat membantu sekali menurut saya. Karena apa? Saya gaptek. Ini tadi saya ke sini mengurus NIB dibantu dengan menunjukkan KTP, ditanya email saya serta beberapa persyaratan lain,” terang Eka sembari menunjukkan NIB yang telah terbit.

Lebih lanjut Eka mengungkapkan bahwa dengan mempunyai NIB, banyak manfaat yang dirasakan ke depan. Terutama untuk mengembangkan usahanya, seperti ia dapat mengikuti pelatihan-pelatihan dan sebagainya. Eka berharap pelayanan keliling tersebut dapat lebih sering dilakukan.

Sebelumnya, Pemkot Malang juga telah menggelar kegiatan yang menghadirkan gebyar layanan ini di wilayah Kecamatan Kedungkandang pada hari Jumat (6/1/2023) lalu. Sejalan dengan arahan Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang terus melakukan penguatan serta berinovasi untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat Bumi Arema.

Wali Kota Malang pada Temu Warga yang digelar di titik akhir yaitu di Kantor Kelurahan Dinoyo mengatakan bahwa ada tiga titik yang disasar pada giat Sambag Kelurahan kali ini, yakni di Kelurahan Dinoyo, Kelurahan Merjosari, Kelurahan Tlogomas.

“Per masalah besok sudah ada tindak lanjut. Sehingga masyarakat merasa bahwa negara hadir. Kita harus turun ke bawah, apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi jemput bola,” pesan Sutiaji kepada seluruh kepala perangkat daerah, camat dan lurah yang hadir dalam kegiatan Temu Warga. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content