Artikel Kuliner UMKM

Rujak Semeru, Kuliner Legendaris Favorit Pelancong

Klojen (malangkota.go.id) – Rujak manis, salah satu pilihan kuliner yang ada di Kota Malang. Penjual rujak manis di Kota Pendidikan ini pun banyak tersebar di setiap sudut kota. Salah satu yang cukup terkenal dan menjadi jujukan wisata kuliner bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara saat berkunjung di Kota Malang adalah Rujak Semeru.

Rujak Manis Semeru

Tampak terlihat aktivitas beberapa karyawan sedang sibuk mengupas buah. Aneka buah segar tertata rapi di etalase warung. Tampak juga tumpukan degan yang siap disajikan sebagai pilihan minuman segar. Ada juga tersaji tahu petis dan kerupuk di setiap mejanya.

Rasanya yang lezat dan porsinya yang besar menjadikan rujak ini menjadi favorit sejak lama. Rujak manis legendaris ini sudah ada sejak tahun 1980. Didirikan oleh Ponidi dan Soeparti. Hingga kini, dengan dibantu sang anak, Soeparti masih mengelola usaha kulinernya.

“Awalnya menggunakan gerobak. Jualannya di Jalan Tangkuban Perahu sambil jual rokok. Terus pindah ke Jalan Semeru ini tahun 1986,” ungkap Niko, anak menantu Ibu Soeparti.

Niko menyebutkan bahwa yang menjadi ciri khas Rujak Semeru adalah porsinya yang jumbo dengan irisan buah yang besar dan tentunya buahnya selalu segar. Selain itu, bumbu rujak dan bumbu tahu petisnya selalu segar dan cita rasanya tetap sama sejak awal berdiri. Tak heran, kedai ini hampir selalu ramai, terlebih saat akhir pekan dan musim liburan.

Dalam satu porsi rujak, terdapat potongan buah bengkuang, mangga muda (pencit), pepaya, melon, nanas, belimbing, timun, dan tahu. Satu porsi Rujak Semeru bisa dinikmati berdua. Bumbu yang tersaji terpisah tak kalah melimpahnya. Dalam piring yang sama sudah dicampur dengan bumbu, sambalnya tidak dicampur, sehingga pelanggan bisa meracik tingkat kepedasan bumbu rujak sesuai selera masing-masing.

Satu porsi rujak manis ini dibanderol seharga Rp28.000,00. Nawak Ngalam yang ingin merasakan rujak legendaris ini bisa langsung menuju kedai yang terletak di Jalan Semeru No. 54 Malang. Kedai ini buka pukul 09.00 – 16.00 dan tutup setiap Hari Jumat. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content