Berita Pendidikan

Hadiri Wisuda UMM, Kadisdikbud: SDM Unggul Kunci Persaingan

Malang (malangkota.go.id) – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar wisuda ke-108 untuk program vokasi, sarjana dan pascasarjana di DOME UMM, Selasa (23/5/2023). Dalam wisuda ini Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd mengatakan bahwa persaingan di berbagai bidang saat ini sangat tinggi.

Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana saat menghadiri acara wisuda ke-108 untuk program vokasi, sarjana dan pascasarjana di DOME UMM

Maka dari itu, disampaikannya bahwa dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten, mempunyai keahlian, ulet dan bermoral. Dengan sejumlah modal tersebut, maka sumber daya manusia yang dimiliki akan mampu bersaing di pasar global dan bahkan memenangkan kompetisi.

Pernyataan senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana saat menghadiri acara wisuda tersebut. Menurutnya, apabila SDM kita lemah dan tidak mampu bersaing, maka bukan tidak mungkin kita akan menjadi penonton di negeri sendiri.

Oleh sebab itu, ia berpesan untuk mempersiapkan SDM sejak dini, misalnya sejak anak masuk taman kanak-kanak. Dalam hal ini, peran orang tua sangat menentukan, mau dikemanakan dan mau dijadikan apa buah hatinya di masa mendatang.

Dalam hal ini, Suwarjana menyampaikan pentingnya penguatan pendidikan dan karakter saat anak di bangku sekolah. “Teknologi semakin maju, maka manfaatkanlah dengan baik. Tidak ada alasan lagi bagi seseorang untuk tidak pintar karena apapun mudah didapat saat ini,” tegasnya.

Lebih jauh Suwarjana mengatakan, di tahun 2045 Indonesia akan mendapat bonus demografi, dimana jumlah penduduk akan didominasi kaum muda. Maka jika kita tidak mempersiapkan SDM mulai saat ini, maka kita akan tersingkir. “SDM unggul dan berdaya saing adalah salah satu kunci memenangkan persaingan,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content