Klojen (malangkota.go.id) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang tengah melakukan penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) berupa pembangunan taman di depan kantor PLN di Jalan Basuki Rahmat atau biasa juga disebut zona 1 dan di perempatan Rajabali atau zona 2.

Pembangunan taman di depan kantor PLN di Jalan Basuki Rahmat

Penambahan RTH itu juga berdasar hasil kajian yang telah dilakukan oleh Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas satu arah di Kawasan Kayutangan Heritage.

Beberapa hal itu disampaikan Kepala Bidang RTH DLH Kota Malang, Laode KB Al Fitra, Jumat (1/12/2023). Sebelumnya, di kawasan tersebut ada pemasangan separator (pemisah jalan) dengan barrier yang dinilai kurang indah sehingga harus diubah.

Langkah ini, dikatakannya untuk menambah estetika dan untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas di wilayah tersebut, sehingga diputuskan untuk membuat taman permanen.

“Hal ini sekaligus demi keselamatan para pengguna jalan atau pengendara sehingga lebih berhati-hati dan mengurangi laju kecepatan kendaraannya di kawasan tersebut,” jelas Laode.

“Di depan PLN itu laju kendaraan cukup tinggi, dan kami khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan, misalnya sampai menabrak separator barrier kalau tidak berhati-hati. Maka, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bangun taman permanen,” bebernya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content