Blimbing, MC – Menjelang dan sesudah Lebaran, atau tepatnya H-7 samapi H+7 Lebaran, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan memberikan pelayanan ekstra kepada warga masyarakat pemegang kartu kepesertaan yang sedang mudik serta pada arus balik nanti.
Masyarakat pemegang kartu yang sedang mudik dan membutuhkan pelayanan kesehatan, mereka bisa langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat tanpa dikenakan biaya apapun.
Rumah sakit yang dimaksud disini terutama yang bekerjasama dan melayani peserta BPJS Kesehatan sehingga pelayanan dapat optimal. Yang perlu dipastikan adalah kartu kepesertaan yang dipegang masih aktif atau dengan kata lain tidak ada tunggakan iuran. Warga masyarakat dapat melakukan pengecekan di www.bpjs-kesehatan.go.id atau hotline service BPJS Kesehatan Malang di 08155516665.
Demikian yang disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Malang, Gatot Subroto, Rabu (29/6) di kantornya. Bagi pemegang kartu, jika hilang dalam perjalanan atau tertinggal di rumah, menurut Gatot warga tetap bisa mendapat pelayanan dengan cara menunjukkan KTP atau menghubungi bagian pelayanan BPJS Kesehatan di nomor hotline service BPJS Kesehatan. Dalam sekejap, pihak BPJS Kesehatan akan berkoordinasi dengan rumah sakit yang bersangkutan.
Saat ditanya jika tidak ada KTP, menurut Gatot masih bisa, dengan cara memastikan dulu jika yang bersangkutan benar-benar peserta atau anggota BPJS Kesehatan dan memastikan kartunya masih aktif. “Pemegang kartu dapat menyebutkan nama lengkap dan alamatnya sesuai KTP untuk segera diverifikasi. Pada intinya, BPJS Kesehatan akan memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi para pemudik,” jelasnya.
“Dalam program ini, kami sudah menyiagakan 40 rumah sakit, dan tentu rumah sakit itu melayani peserta BPJS Kesehatan dan sudah bekerjasama dengan kita. Semua rumah sakit itu, sudah kami instruksikan untuk siaga 24 jam beserta tenaga medis dan sarana penunjang lain guna memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,” tegas Gatot.
Lebih jauh dia menambahkan, selama program mudik nyaman ini, juga akan ada petugas BPJS Kesehatan Malang yang akan standby 24 jam di kantor untuk melayani keluhan masyarakat. “Kami tidak ada pelayanan seperti hari biasa, tapi cuma pelayanan melalui telepon,” pungkas Gatot. (say/yon)
1 Comment