Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Antisipasi Banjir, Pj. Wali Kota bersama Masyarakat Meruwat dan Bersih Sungai Mbabatan

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Warga masyarakat dan personel gabungan bahu membahu turun membersihkan sungai yang dikemas dalam kegiatan Ngruwat Kali Mbabatan Suguh Punden dan Bersih Sungai di aliran Sungai Mbabatan JI. Ikan Gurame, Kelurahan Tunjungsekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Minggu (2/6/2024).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM saat memebrikan sambutan dalam kegiatan Ngruwat Kali Mbabatan Suguh Punden dan Bersih Sungai di aliran Sungai Mbabatan

Dalam kehadiran yang mengusung tagline ‘Kaliku ya Kalimu, Dijaga Dirawat Bersama’ ini, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini. Kota Malang adalah kota yang berada di ketinggian, maka dikatakan Wahyu salah satu upaya untuk meminimalisir dampak banjir adalah melalui kegiatan bersih sungai.

“Selain menjadi tujuan kita bersama, bersih sungai adalah sebagai upaya antisipasi banjir, karena ngruwat bagian dari budaya kita yang harus kita pertahankan. Kita tidak bisa meninggalkan tradisi Jawa. Dengan ruwatan ini harapannya tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan,” tutur Wahyu.

Ditambahkan orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu, lingkungan hidup adalah hal yang penting karena lingkungan akan menjadi lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan. Untuk itulah pada kesempatan ini Wahyu memberikan apresiasinya kepada seluruh elemen yang terlibat pada kegiatan bersih sungai ini yang merupakan wujud dari kepedulian terhadap lingkungan.

“Untuk menyadarkan dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup, salah satunya melalui kegiatan bersih-bersih sungai ini. Karena jika tidak kita rawat, bisa mengakibatkan kebencanaan. Sebaliknya, jika kita rawat dengan baik sungai bahkan bisa menjadi daya tarik,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Wahyu mengajak seluruh masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, dan tidak membuang sampah di sungai yang dapat menimbulkan permasalahan lingkungan hidup. Melalui kegiatan ini harapannya kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan bisa meningkat sehingga bersama-sama dapat dilakukan upaya-upaya untuk mengantisipasi kebencanaan. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content