Berita

Pj. Wali Kota Malang Ngopi Mbois Bareng Relawan

Klojen (malangkota.go.id) – Dalam acara ‘Ngopi Mbois’ bertajuk ‘Keselarasan Masyarakat Relawan untuk Malang Berkelas’, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM berdialog dengan ratusan relawan di area pujasera Jalan Trunojoyo Kota Malang, Jumat malam (21/6/2024).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM berdialog dengan ratusan relawan dalam acara ‘Ngopi Mbois’ bertajuk ‘Keselarasan Masyarakat Relawan untuk Malang Berkelas’

Kegiatan ini juga turut dihadiri Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Plt. Kepala Bakesbangpol Kota Malang. Dalam dialog penuh keakrakaban ini terjalin komunikasi dua arah. Para relawan menyampaikan permasalahan yang dihadapi, dan kepala dinas terkait langsung memberi jawaban atau solusi dari permasalahan. Misalnya terkait kebutuhan basecamp, pelatihan, penanganan orang sakit dan lain-lain. Dengan adanya acara ini maka para relawan merasakan kehadiran pemerintah saat dibutuhkan.

Pj. Wali Kota Malang menyebutkan bahwa para relawan ini kerjanya nyata dan menjadi bagian penting dari pemerintah. “Saya sengaja menggelar acara ini agar saya bisa mendengar langsung apa keluhan mereka, sehingga langsung ada solusi terbaiknya,” imbuh pria asli Kota Malang itu.

Ke depan, Wahyu mengatakan pihaknya ingin ada integrasi dan sinergi antara relawan dengan berbagai pihak terkait. Misalnya rumah sakit, Palang Merah Indonesia (PMI), Kepolisian, serta TNI. “Dengan demikian nantinya akan ada perhatian dan para relawan ini dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik,” sambungnya.

“Kerja-kerja relawan ini sangat mulia dan tidak semua orang mau menjadi relawan. Sehingga tidak berlebihan kiranya apabila pemkot Malang memberikan perhatian khusus bagi mereka. Dengan demikian mereka akan bersemangat dalam beraktivitas untuk membantu masyarakat,” urai Wahyu.

Pada momen ini Pemkot Malang menyerahkan bantuan satu paket peralatan untuk menunjang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Ratusan relawan ini tergabung dalam satu kelompok dengan nama berbeda, seperti Rescue Relawan Terapis Bolone ODGJ, Wiu Wiu Indonesia, Relawan Pasukan Obrok, Rescue 020, dan Relawan Asli Malang. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content