Berita Seni Budaya dan Pariwisata

Kakang Nauval dan Mbakyu Nova Emban Tugas Jadi Duta Wisata Kota Malang 2024

Blimbing (malangkota.go.id) – Kakang Nauval dan Mbakyu Nova resmi dinobatkan sebagai Kakang dan Mbakyu Kota Malang Tahun 2024, Sabtu (12/10/2024). Dari 250 orang peserta, keduanya terpilih sebagai Duta Wisata Kota Malang melalui proses seleksi, penilaian, juga karantina yang begitu panjang.

Kakang Mbakyu Kota Malang 2024

Grand Final Pemilihan Kakang Mbakyu Kota Malang 2024 yang diselenggarakan di Malang Creative Center (MCC) ini pun terasa amat meriah. Acara yang terselenggara berkat kolaborasi antara Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang dengan Paguyuban Kakang Mbakyu (Pakandayu) Kota Malang ini menyuguhkan beragam penampilan yang riang dan rancak  dari para talenta muda Kota Malang. Didukung dengan warna warni pakaian yang berpadu dengan apiknya tata musik dan lampu serta latar panggung membuat acara ini makin meriah.

Mengusung tema ‘Malang City: A City of Endless Potentials’, gelaran tahun ini ingin menunjukkan ragam potensi dan  kreativitas yang diimbangi dengan kemampuan untuk terus menginspirasi dan memberdayakan masyarakat. Ragam potensi ini tentu diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan dan memberikan peluang tak terbatas untuk pertumbuhan, eksplorasi, dan inspirasi.

Kepala Disporapar Kota Malang Baihaqi, S.Pd, SE, M.Si mengungkapkan Pemilihan Kakang Mbakyu yang merupakan agenda rutin tahunan ini bertujuan menemukan talenta terbaik yang akan dipilih menjadi duta wisata guna mempromosikan Kota Malang di kancah nasional maupun internasional.

Baihaqi menyebut bahwa Kakang Mbakyu merupakan wajah Kota Malang, dan selama ini telah banyak menorehkan prestasi bagi Kota Malang. “Kakang Mbakyu juga terus aktif berkolaborasi dengan berbagai stakeholder dan turut menyosialisasikan berbagai program pemerintah terkhusus dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif kepada seluruh elemen masyarakat,” sambungnya.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Iwan Kurniawan , S.T., M.M. yang turut hadir membuka acara mengapresiasi gelaran guna menggali talenta muda sekaligus menjadi potensi untuk mendukung gerak Pemkot Malang dalam membangun Kota Malang ini. “Harapan kami, ajang ini tak sekadar ajang mencari prestasi, tapi lebih dari itu akan muncul pemikiran dan komitmen untuk membangun Kota Malang yang lebih baik dan sejahtera. Saya percaya bahwa pemikiran para pemuda sangat inovatif, kreatif yang sangat kami butuhkan untuk membangun Kota Malang,” beber Iwan.

Iwan menegaskan, Pemkot Malang membuka ruang bagi para pemuda untuk mewujudkan pariwisata di Kota Malang yang lebih baik. “Kita harus berpikir keras kalau ingin membangun Kota Malang dengan pariwisatanya. Bagaimana Kota Malang dengan luas wilayah dan potensi alam yang terbatas juga dapat menciptakan wisata yang tak kalah dari Kabupaten Malang dan Kota Batu. Kakang Mbakyu ini adalah ujung tombak Kota Malang ke depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Iwan berharap seiring dengan lolosnya KOTA Malang dalam seleksi nasional dan berpeluang menyandang predikat Kota Kreatif Dunia UNESCO, Kakang Mbakyu juga turut mempromosikan Kota Malang sebagai Kota Kreatif. “Saya optimis pariwisata Kota Malang akan terus berkembang dengan potensi yang luar biasa sebagai Kota Kreatif. Bahkan saat ini telah menuju Kota Kreatif Dunia,” pungkasnya.

Pada puncak acara Pemilihan Kakang Mbakyu Kota Malang 2024 ini, Pj. Wali Kota Malang menyerahkan piala bergilir kepada Kakang Nauval Hakim Rabbani dan Mbakyu Nova Astrina Rachmadani yang akan mengemban tugas menjadi duta wisata setahun ke depan. Turut hadir pula dalam kegiatan ini yakni Pj. Ketua TP PKK Kota Malang Septiana Iwan Kurniawan dan Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, S.T., M.T. bersama  Ketua Darma Wanita Persatuan Kota Malang, Yuni Erik Setyo Santoso. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content