A. Highlight Berita

Peringatan Sumpah Pemuda, Pj. Wali Kota Malang Ajak Pemuda Berperan Aktif dalam Pembangunan

Klojen (malangkota.go.id) – Momen Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024 berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah Bangsa Indonesia mewujudkan target-target pembangunan. Tak terkecuali para pemuda, yang memiliki peran penting dan harus turut berpartisipasi aktif di setiap sektor pembangunan. Hal inilah yang ditekankan Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Iwan Kurniawan, ST, MM dalam amanatnya saat memimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda 2024 di halaman Balai Kota Malang, Senin (28/10/2024).

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Balai Kota Malang

“Saya sebagai Pj. Wali Kota Malang juga mengajak seluruh pemuda di Kota Malang untuk berperan aktif manyukseskan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar pada bulan November mendatang,” ajaknya.

Iwan optimis dan yakin dengan semangat sumpah pemuda yang menjadi landasan persatuan dan kebangkitan bangsa, pemuda Kota Malang akan turut ambil bagian dalam menyukseskan pilkada dengan penuh tanggung jawab.

“Saya berpesan (kepada para pemuda) untuk menggunakan hak suaranya sebagai wujud kepedulian terhadap masa depan kota ini. Hindari sikap golput yang hanya mengabaikan kesempatan untuk berkontribusi, dan mari kita jaga kondusivitas demi terwujudnya pilkada yang damai,” tutur pria ramah itu.

Pj. Wali Kota Malang menegaskan bahwa kondusivitas wilayah dapat terwujud dengan tetap menjaga persatuan, kerukunan, saling menghargai, serta menjunjung tinggi demokrasi demi terwujudnya pilkada damai, berkualitas dan membawa kebaikan bagi kota tercinta.

“Sebagaimana pidato dari Menpora, bahwa ke depan dengan adanya pemerintahan yang baru, kemudian menuju Indonesia Emas tahun 2045, para pemuda di seluruh Indonesia harus bergerak bersama untuk mencapai tujuan bersama bangsa Indonesia yang lebih baik,” bebernya.

Dalam rangka mendukung satu kebijakan pemerintah pusat maupun provinsi, Iwan mengatakan Kota Malang juga siap untuk mengerahkan para pemuda, memberikan motivasi kepada pemuda, mendidik dan melatih para pemuda Kota Malang untuk berkolaborasi dan bersinergi membangun Kota Malang yang tentunya turut memberikan kontribusi terhadap pembangunan di provinsi, dan juga target capaian nasional.

“Dalam upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini banyak pemuda-pemuda Kota Malang yang berprestasi, mulai dari tataran pemerintahan ada kelurahan yang mendapat prestasi, ada dari sisi atlet, pemuda pelopor, itu luar biasa,” ucapnya mengapresiasi.

Harapannya, pemuda yang mendapat prestasi ini akan terus meningkatkan komitmennya untuk lebih berprestasi di level yang lebih tinggi. Bagi para pemuda di Kota Malang, Iwan mengajak bersama berjuang meningkatkan prestasi, untuk masa depan para pemuda itu sendiri, para pejuang, dan untuk masa depan Kota Malang yang lebih baik lagi.

Dalam momen upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024 ini juga diserahkan penghargaan kepada Pemuda Pelopor Kota Malang Tahun 2024, Kelurahan Gadang yang meraih Juara 1 Anugerah Patriot Jawi Wetan (APJW) II Tahun 2024, serta penyerahan bonus bagi atlet PON XXI dan Peparnas XVII Tahun 2024. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content