Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih Kemendagri Raih Muri, Sekda Erik Apresiasi Seluruh Jajaran

Malang, (malangkota.go.id) – Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih oleh Kementerian Dalam Negeri RI (Kemedagri) yang turut disukseskan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tercatat dalam Museum Rekor Dunia (MURI), Senin (5/8/2022).

Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST., MT hadir pada Acara Penyerahan Sertifikat Rekor MURI secara Virtual di Ngalam Command Center (NCC), Senin (15/8/2022).

 

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang telah mendukung program yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia tersebut.

Sebelumnya, sebagai bentuk dukungan untuk mensukseskan gerakan 10 juta bendera merah putih, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji secara simbolis menyerahkan bendera merah putih kepada lima kecamatan di Kota Malang serta perwakilan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) saat apel pagi di halaman Balai Kota Malang, Senin (1/8/2022) lalu. Jajaran Pemkot Malang pun melangsungkan gebyar pemasangan bendera merah putih di Kota Malang, Senin (15/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan rasa haru atas antusiasme dan semangat masyarakat Indonesia dalam mendukung serta menyukseskan Gerakan Nasional 10 Juta Bendera. Menurut Tito, kegiatan tersebut menjadi salah satu program untuk menjaga dan mengembangkan wawasan kebangsaan NKRI yang terdapat dalam 4 pilar

“Indonesia mempunyai profil negara yang unik. Keunikan bangsa kita, tidak banyak negara yang unik seperti Indonesia. Negara kepulauan terbesar, dari Sabang sampai Merauke. Lebih dari itu, kita adalah negara yang sangat plural, sesuatu yang unik yang harus dijaga. Karena memiliki beragam suku, agama, budaya dan bahasa,” ungkap Tito dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia menambahkan, dengan berbagai keberagaman yang dimiliki tesebut yang paling penting serta harus disyukuri adalah Indonesia masih bersatu selama 77 tahun. Dapat bertahan sebagai satu bangsa dengan keberagamannya. Sehingga ia berpesan untuk terus menekan perbedaan dan menaikkan kepentingan bersama untuk menjaga serta merawat pluralisme sehingga dapat menjadi bangsa yang bersatu.

“Kepentingan bersama kita harus terus dikuatkan, salah satu caranya mengambil momentum ketika ada event nasional. 17 Agustus momentum lahirnya satu bangsa yang beragam, yang menyatukan kita. Bendera merah putih adalah simbol dari negara kita, gerakan 10 juta bendera merah putih semua bergerak. Sehingga diharapkan api kebersamaan kita terjaga, bersatu dalam keberagaman,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST., MT yang hadir secara virtual melalui zoom di Ngalam Command Center (NCC) bersama jajaran Pemkot Malang menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah mendukung dan mensukseskan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih.

“Terima kasih semuanya atas dukungan dan semangatnya dalam menyukseskan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih,” ungkap Sekda Erik disela mengikuti penyerahan sertifikat rekor MURI secara virtual. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content