Berita Seni Budaya dan Pariwisata

Pj. Wali Kota Malang Tutup Festival Merjosarian 2024

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menghadiri penutupan Festival Merjosarian 2024 yang diramaikan dengan Pagelaran Wayang Kulit di Lapangan Plaza Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Minggu (14/7/2024).

Festival Merjosarian ini merupakan kegiatan Bersih Desa yang merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Merjosari yang selama ini telah diberikan kesejahteraan. “Rasa syukur itu dituangkan dengan Festival Merjosarian atau Bersih Desa yang memang sudah menjadi tradisi,” jelas Wahyu.

Selain sebagai ungkapan rasa syukur, Festival Merjosarian ini juga menjadi sarana untuk melestarikan seni budaya. Hal serupa juga digelar dilaksanakan di beberapa kelurahan lain di Kota Malang dengan kearifan lokal masing-masing. “Ada Suroan, ada Festival Padang Mbulan, dan kegiatan-kegiatan menarik lainnya yang patut untuk dilestarikan,” beber Wahyu.

Ketua Pelaksana Festival Merjosarian 2024, Misranto mengungkapkan Festival Merjosari digelar sejak Sabtu (6/7/2024) dan berakhir Minggu (15/7/2024) yang diramaikan dengan pagelaran wayang kulit Ngaji Budaya dan juga santunan anak yatim. “Alhamdulilah sejak hari pertama digelar hingga event ini ditutup antusiasme masyarakat sangat luar biasa,” terang Misranto.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa Festival Merjosarian ini adalah bentuk rasa syukur menyambut datangnya bulan Muharam. “Festival Merjosarian ini juga untuk mendoakan para pendahulu yang telah membangun Merjosari, yakni Mbah Joyo Tirto,” ungkap Misranto.

Oleh karena itulah nama jalan yang berada di wilayah Kelurahan Merjosari selalu diberikan nama dengan awalan Joyo, ada Jalan Joyo Raharjo, Jalan Merto Joyo, Jalan Joyo Pringgodani, dan lain-lain. “Itu semua dikenang untuk menyatukan seluruh masyarakat Merjosari agar senantiasi guyub rukun, adem ayem tentrem bersama menghidupkan dan membangun Merjosari,” beber Misranto.

Festival Merjosarian selain diikuti oleh pelaku seni juga melibatkan pelaku UMKM yang ada di wilayah Merjosari. Berbagai rangkaian kegiatan dalam Festival Merjosarian diantaranya Khotmil Quran di Makam Mbah Joyo, ziarah kubur, Pentas Budaya, doa akhir dan awal tahun, ngaji budaya dan santunan anak yatim. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content