Seni Budaya dan Pariwisata

Pj. Wali Kota Malang Dukung Pelestarian Seni Tradisi di Kampung Bioro

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Mendukung pelestarian dan pengembangan seni tradisi, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM hadir membuka pagelaran Bantengan di Kampung Bioro RW 6 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Sabtu (10/8/2024). Penampilan ini adalah bagian dari kegiatan warga RW 6 Kelurahan Jatimulyo menyambut dan memeriahkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengapresiasi apa yang dilakukan warga Kampung Bioro yang tetap setia melestarikan kesenian Bantengan.menurutnya kegiatan seperti ini sangat bagus untuk menumbuhkembangkan kesenian tradisi seiring begitu derasnya pengaruh budaya asing yang masuk. “Saya sangat mendukung tradisi-tradisi yang berdasarkan kearifan lokal, salah satunya seperti yang saat ini sedang digelar,” ucapnya.

Kesenian Bantengan disebutkannya sangat menarik dan indah, didukung tari-tarian yang kompak sehingga tersaji dengan apik. Jika dikelola dengan baik, Bantengan bisa menjadi kekuatan yang luar biasa yang dikembangkan melalui akar seni dan budaya. Untuk itulah pada kesempatan ini Pj. Wali Kota Malang juga mengajak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang untuk bisa melakukan tindak lanjut memberikan pembinaan.

“Dengan terus dikembangkan, Kesenian Bantengan harapannya semakin banyak diminati, karena selain dari aspek budaya, kesenian ini juga dapat mendukung aspek wisata, sehingga nantinya terus lestari menjadi jati diri bangsa,” beber Wahyu.

Di sisi lain, Ketua Bantengan Putro Cempoko RW 6 Kelurahan Jatimulyo, Sentot Kationo menceritakan kesenian Bantengan di RW 6 Kelurahan Jatimulyo sudah ada sejak tahun 2019. Hingga saat ini sudah sering tampil di berbagai kesempatan dan memiliki regenerasi yang bagus.

“Mulai dari anak-anak sampai dewasa ada. Kelompok kami mengandalkan anak-anak Karang Taruna, dengan harapan kesenian ini lestari dan berkembang semakin baik,” harap Sentot.

Sementara itu, Ketua RW 6 Kelurahan Jatimulyo, Nanang Budi Prasetyo mengaku senang dengan kehadiran Pj. Wali Kota Malang yang dapat menambah semangat warga untuk terus melestarikan seni dan budayanya.

“Terima kasih Pak Pj. Wali Kota Malang, masyarakat kami benar merasakan kehadiran dan kepedulian Pemerintah Kota Malang,” tutur Nanang. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content