A. Highlight Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Bersama Kepala Daerah se-Indonesia, Pj. Wali Kota Malang Ikuti Pengarahan Presiden RI di IKN

IKN (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan, ST, MM bertolak ke Bumi Etam untuk menghadiri pengarahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kepada kepala daerah seluruh Indonesia di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Presiden RI Jokowi memberikan arahan kepada kepala daerah seluruh Indonesia (sumber foto: setneg.go.id)

Ditemui seusai acara, Iwan menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi catatan dalam arahan Presiden RI adalah menjaga daya beli masyarakat dan mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak mendatang. “Dua isu krusial tersebut menjadi penekanan penting dalam arahan Presiden Jokowi. Tentu hal ini akan menjadi perhatian saya sebagai Pj. Wali Kota Malang,” jelas Iwan.

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota Malang tersebut mengatakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan daya beli masyarakat adalah dengan segera merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Menurut arahan Presiden Jokowi, jika uang yang beredar di Kota Malang rendah, artinya daya beli masyarakat kita juga tidak kuat. Namun saya cukup bersyukur karena per tanggal 12 Agustus 2024 ini realisasi APBD Kota Malang telah mencapai angka 49,37 persen. Ini lebih tinggi daripada kabupaten/kota se-Indonesia yang hanya mencapai angka 31 persen, serta lebih tinggi dari realisasi APBD di tingkat provinsi sebesar 41 persen,” beber Iwan.

Capaian angka tersebut, disebutkan Iwan harus terus didorong peningkatannya. Seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang harus segera melaksanakan kegiatan dan menyerap anggaran yang telah direncanakan, dengan tujuan agar pembangunan di Kota Malang dapat berjalan maksimal dan peredaran uang di masyarakat juga tinggi. Hal ini tentu sejalan dengan penekanan Presiden Jokowi bahwa makin cepat realisasi APBD, makin baik dampaknya terhadap perputaran uang dan daya beli masyarakat.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyoroti persiapan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024 mendatang. Presiden meminta agar anggaran untuk Pilkada segera diselesaikan dan keamanannya dipastikan dengan baik.

“Persiapan Pilkada di Kota Malang juga menjadi perhatian. Saya mendapatkan amanat dari Presiden yang harus dilaksanakan untuk memastikan gelaran Pilkada di Kota Malang berjalan dengan aman dan lancar,” jelas mantan Pj. Bupati Lebak itu.

“Presiden Jokowi bahkan menginstruksikan pada kami untuk terus berkoordinasi dengan Forkopimda, karena kita belum pernah memiliki pengalaman untuk melaksanakan Pilkada Serentak. Bahkan jika membutuhkan tambahan kekuatan, agar segera disampaikan pada Kapolda atau Kapolri,” jelasnya lebih lanjut.

Meski demikian, Pj. Wali Kota Iwan tetap optimis dengan dukungan seluruh jajaran TNI-Polri yang ada di Kota Malang, Pilkada Serentak dapat berjalan dengan kondusif tanpa halangan apapun. “Kuncinya tetap bersinergi dan terus jalin komunikasi yang baik dengan jajaran Forkopimda, karena gelaran Pilkada ini adalah tanggung jawab kita bersama,” tutup Iwan. (Ts/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content