Pendidikan

Hari Pramuka ke-63 Momen Perkuat Karakter Bangsa

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 di halaman depan Balai Kota Malang, Senin (19/8/2024). Di Upacara Hari Pramuka di Kota Malang yang tahun ini mengusung tema Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI ini Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Baihaqi, S.Pd, SE, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara.

Kadisporapar Kota Malang Baihaqi saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 di halaman depan Balai Kota Malang, Senin (19/8/2024)

Dalam amanatnya, Baihaqi mengungkapkan Peringatan Hari Pramuka kali ini menjadi sebuah momentum untuk menguatkan karakter generasi penerus bangsa. “Yaitu generasi yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana yang akan menjadikan manusia yang unggul, hebat, kreatif, berjiwa Pancasila, serta setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutur Baihaqi.

Disebutkannya bahwa Pemkot Malang pun terus mendukung berbagai program kegiatan Gerakan Pramuka yang selalu menunjukan eksistensinya. Gerakan Pramuka terus memainkan peran kunci untuk mempersiapkan generasi muda yang berjiwa Pancasila, dan siap menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Gerakan Pramuka telah dirancang untuk mengatasi berbagai tantangan melalui pendekatan pendidikan yang komprehensif. Pendidikan dalam Pramuka tidak hanya berfokus pada pengembangan life skill, soft skill, hard skill, tetapi juga mencakup pengembangan kecerdasan sosial, emosional, spiritual, intelektual, dan fisik. Ini adalah postur ideal seorang Pramuka, yakni sebagai agen perubahan yang siap membangun bangsa Indonesia,” bebernya.

Sebagai organisasi pendidikan nonformal, Gerakan Pramuka realitanya tidak hanya sekadar menangani pembangunan karakter, tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat. “Di antaranya melakukan perbantuan berbagai kebencanaan, terlibat pada tim Search and Rescue (SAR), melaksanakan kegiatan bakti sosial, serta aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan,” jelasnya lebih lanjut.

Selain itu, Gerakan Pramuka juga terus melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman pada saat ini dan masa yang akan datang untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Oleh karena itulah sinergi, kolaborasi, dan kemitraan antara Gerakan Pramuka dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan komunitas masyarakat sangat penting.

“Atas nama Pemerintah Kota Malang, saya mengucapkan selamat Hari Pramuka ke-63 tahun 2024. Semoga Gerakan Pramuka semakin jaya dan sukses,” tutup Baihaqi. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content