Anak

Kemeriahan Peringatan HAN 2024 di Kota Malang

Blimbing (malangkota.go.id) – Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 Kota Malang digelar di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Sabtu (27/7/2024). Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM yang hadir bersama Bunda PAUD Kota Malang Dra. Hanik Andriani Wahyu Hidayat terlihat membaur dalam keceriaan anak-anak yang hadir dalam peringatan HAN yang tahun ini mengusung tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat memberikan sambutan

Berbagai pertunjukan yang menampilkan potensi anak-anak Kota Malang membuat hadirin berdecak kagum. Mulai dari tarian yang rancak, suara merdu, ketangkasan dalam olahraga, dan beraneka potensi ditampilkan dengan begitu apiknya.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Malang menuturkan bahwa selaras dengan tema peringatan HAN tahun ini, Pemkot Malang berkomitmen untuk mewujudkan Kota Malang yang layak anak. “Berbagai upaya kita lakukan, seperti meningkatkan akses pendidikan dan kesehatan bagi anak, membangun ruang publik yang ramah anak, menerbitkan kebijakan terkait Kota Layak Anak, serta memberikan pembekalan bagi orang tua, salah satunya tentang pengasuhan yang positif,” urai Wahyu.

Pada momen ini, Pj. Wali Kota Malang sangat mengapresiasi beragam prestasi yang telah diraih berkat komitmen dan kolaborasi bersama sehingga mengantarkan Kota Malang meraih prestasi. Di antaranya predikat Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya pada tahun 2023 dan penghargaan Data Forum Anak (DAFA) Award 2023 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI Kategori Website Terbaik bagi Forum Anak Kota Malang.

Wahyu menegaskan komitmen Pemkot Malang yang terus memberikan beragam stimulan untuk memotivasi anak-anak agar meningkatkan prestasi. Hal itu diwujudkan melalui program beasiswa, pelatihan keterampilan tambahan, juga beragam sosialisasi untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas generasi muda ini. “Semoga mereka bisa meningkatkan prestasi dan menjadi teladan juga bagi anak-anak lain untuk dapat berprestasi,” ucap Wahyu.

Sementara itu, Kepala Dinsos P3AP2KB Kota Malang Donny Sandito, S.STP, M.Si mengungkapkan bahwa penyelenggaraan acara ini merupakan hasil kolaborasi Pemkot Malang dengan Forum Anak Kota Malang. “Kegiatan ini adalah dari anak untuk anak. Kepanitiaannya adalah dari anak-anak, dan tugas kami untuk men-support,” ujarnya.

Donny menyebut bahwa di bawah kepemimpinan Wahyu Hidayat, Pemkot Malang makin berkomitmen melindungi hak-hak dasar anak di Kota Malang. “Kami juga terus berupaya untuk meningkatkan capaian Kota Malang sebagai Kota Layak Anak Nindya menjadi Paripurna,” pungkas Donny.

Pada kegiatan ini, juga diberikan penghargaan bagi berbagai lembaga yang memberikan perhatian dan dedikasi bagi anak-anak di Kota Malang. Selain itu, Pj. Wali Kota Malang didamping Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST, MT menyerahkan penghargaan bagi anak-anak dengan beragam prestasi yang membawa harum nama Kota Malang. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content