Berita

Bulog Malang Optimalkan Serapan Beras Petani

Sukun, MC – Guna memastikan stok beras aman, Danrem 083/Baladhika Jaya Malang, Wali Kota Malang bersama Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Kota Malang melakukan pengecekan stok padi dan beras ke gudang milik warga serta gudang Bulog. Meski saat ini sedang masa panen dan cuaca kurang baik, namun hendaknya stok padi atau beras dapat terjaga dengan baik.

Danrem 083/Baladhika Jaya bersama Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, dan Kepala Bulog Sub Divre Malang melakukan pengecekan stok beras di gudang Bulog
Danrem 083/Baladhika Jaya bersama Kepala Dinas Pertanian Kota Malang dan Kepala Bulog Sub Divre Malang melakukan pengecekan stok beras di gudang Bulog

Saat dilakukakan pengecekan ke gudang Bulog yang ada di wilayah Gadang, Kecamatan Sukun, beberapa gudang dan contoh beras sempat dilihat dengan teliti oleh Danrem 083 dan Kepala Disperta. Meski tidak ada yang mengkhawatirkan terutama mengenai stok beras, namun pemerintah daerah beserta jajaran terkait perlu memastikan tentang keamanan stok beras Bulog.

“Pangan merupakan hal yang sangat penting dan menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Dari hasil pengecekan tadi, tidak ada temuan apa-apa dan sejauh ini stok beras yang ada di Bulog Sub Divre Malang kualitasnya cukup bagus. Kami berharap Bulog tetap menjaga hal itu dengan baik dan dapat menyerap padi atau beras dari petani dengan baik,” ucap Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf. Wachid Apriliyanto, Senin (10/10)

Ditambahkannya, hingga saat ini Bulog masih bisa menyerap padi dari petani sekitar 20 persen dan ke depan jumlah itu hendaknya bisa ditingkatkan lagi. Ketika ditanya berapa optimalnya padi yang harus diserap Bulog, Danrem 083 mengatakan ya semaksimal mungkin. “Kalau yang saya inginkan ya 100 persen,” kelakarnya.

Sementara itu, Kepala Bulog Sub Divre Malang, Arsyad mengatakan jika selama ini pengiriman beras atau padi dari petani berjalan terus dengan lancar. “Namun kami lebih fokus untuk penyerapan beras dari petani karena lebih menguntungkan bagi petani. Untuk serapan beras atau padi juga terus kita optimalkan meski cuaca saat ini tidak menentu. Di awal musim hujan seperti ini sebenarnya tidak begitu berdampak bagi hasil panen padi petani,” urainya.

“Untuk stok beras di Bulog saat ini sekitar 27 ribu ton dan jumlah itu aman hingga Maret 2017. Kami dari pihak Bulog akan turun ke petani untuk menyerap padi atau beras seperti saat ini di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Malang yang sedang memasuki masa panen. Adapun beras atau padi yang dipanen petani saat ini kualitasnya cukup bagus, atau tergolong premium,” pungkas Arsyad. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content