Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Safari Ramadan di Penanggungan, Wali Kota: Ciri Orang Bertakwa Mampu Menahan Amarah

Klojen (malangkota.go.id) – Memasuki malam ketiga belas bulan Ramadan 1444 Hijriah, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji beserta jajaran menggelar Safari Ramadan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang di Masjid Al Hidayah, Penanggungan, Kecamatan Klojen Kota Malang, Senin (3/4/2023).

Wali Kota Malang Sutiaji (kanan) berbincang dengan warga penerima bantuan 

Di hadapan para takmir dan jemaah masjid, Sutiaji menjekaskan makna puasa dan salah satu ciri orang bertakwa yaitu mampu menahan amarah. “Puasa itu sesungguhnya untuk menahan ego kita. Nabi (Muhammad SAW) telah banyak menyontohkan betapa beliau tidak pernah membenci orang-orang yang membencinya, bahkan membalas dengan kebaikan,” tuturnya.

Hadirnya Bulan Suci Ramadan dikatakannya menjadi momen baik yang mendesain umat muslim untuk lebih dapat mengendalikan diri. Kemarahan menurutnya acap lahir saat seseorang merasa lebih baik dibanding orang lain. Oleh karenanya, pria berkacamata tersebut mengajak seluruh jemaah, utamanya jajarannya untuk terus bersikap rendah hati dan santun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tegak (aturan) yes, muring-muring (marah-marah) jangan. Kuncinya adalah mengendalikan ego diri saat berinteraksi. Selanjutnya, jika mampu memaafkan orang yang menzalimi kita,” pesan orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu.

Seperti agenda sebelumnya, Wali Kota Malang memanfaatkan momen Safari Ramadan ini untuk berdialog dengan ulama dan masyarakat, serta menyalurkan bantuan bagi anak yatim dan warga kurang mampu di sekitar masjid. (ndu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content