Kedungkandang (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji meresmikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Huda yang berlokasi di Jl Kolonel Sugiono Gang 3B Kelurahan Mergosono Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, Jumat (25/8/2023).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji meresmikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Huda

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan Pemerintah Kota Malang memberikan kemudahan untuk proses perizinan sekolah, dan saat ini tinggal proses pengajuan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda).

“Kami berdoa semoga SMP Nurul Huda bisa turut mencetak generasi berkualitas dan unggulan, senantiasa berprestasi dan memiliki akhlakul karimah yang bisa menjadi teladan di masyarakat. Serta menjadi siswa siswi yang siap hidup berdampingan dan bersosialiasi di Masyarakat,” harap Sutiaji.

Sementara itu Kepala SMP Nurul Huda Musoddaqul Umam mengatakan SMP Nurul Huda dikelola oleh Yayasan Kiai Masduqi. Sebelum didirikan sekolah, tempat ini adalah pondok pesantren yang santrinya berasal dari berbagai daerah.

“SMP Nurul Huda sudah berjalan dua tahun, saat ini memiliki kelas dua, kelas 7 ada 25 siswa dan kelas delapan sebanyak sepuluh siswa,” jelas Gus Mus, panggilan akrab Musoddaqul Umam.

Dibukanya SMP Nurul Huda ini dijelaskannya berangkat dari kebutuhan para alumni pondok yang sudah di masyarakat dengan berbagai profesi. Ada yang menjadi dosen, ada yang menjadi pengusaha dan ingin menyambung lagi dengan pondok. “Sedangkan kalau mondok tetapi SMP-nya di luar pondok, khawatirnya terpengaruh dunia luar sebab mereka masih anak kecil,” kata Gus Mus.

Oleh karena itulah, dengan adanya SMP Nurul Huda ini mereka bisa fokus dengan tetap bersekolah di lingkungan pondok. Dimana agar tidak overlapping dengan pelajaran di pondok, maka di SMP Nurul Huda memakai kurikulum nasional.

Jam pelajaran siswa di SMP Nurul Huda mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 12.30 WIB. Usai salat dhuhur siswa langsung beristirahat. Kemudian pukul 14.30 WIB masuk lagi untuk kegiatan diniyah sampai menjelang magrib lalu dilanjutkan lagi seusai magrib membaca Al-Quran. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content