Berita Seni Budaya dan Pariwisata

Hadiri Festival Singhasari, Pj. Wali Kota Malang Kenakan Busana Kerajaan

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Mengenakan busana ala seorang raja, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM mendatangi bilik-bilik yang ada di lokasi Festival Singhasari di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ), Rabu malam (22/11/2023). Wahyu Hidayat berkeliling didampingi sejumlah kepala perangkat daerah yang mengenakan busana adat daerah, suasana nuansa kerajaan semakin kental terasa.

Pj Wali kota Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM membacakan ikrar cakrawala mandala yang menjadi bagian jejak sejarah Singhasari

Wahyu menyampaikan Festival Singhasari ini sangat positif dan menarik, terutama dengan adanya diorama atau bilik-bilik tersebut. “Saya pun sengaja memakai busana kerajaan ini agar saya benar-benar bisa merasakan dan masuk dalam kehidupan Kerajaan Singhasari kala itu,” tuturnya.

Menurutnya, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari acara ini. Tak hanya kaum muda atau pelajar, orang dewasa pun dapat belajar dan mengetahui sejarah Kerajaan Singhasari dari festival ini. “Ini juga sebagai bukti bahwa Malang mempunyai sejarah besar,” jelas Wahyu.

“Jujur, sebelumnya pengetahuan saya tentang Kerajaan Singhasari masih kurang. Namun setelah datang ke 10 bilik yang ada di tempat ini, pengetahuan saya makin lengkap. Apa yang saya belum tahu, saya tanyakan, dan ternyata dapat dijawab dengan baik,” beber Wahyu.

Lebih jauh pria ramah itu mengatakan bahwa dari festival ini kita bisa mengetahui, memahami dan melestarikan sejarah. “Dari sejarah, kita bisa lebih maju dan berkembang. Selain itu, bangsa yang besar adalah bangsa yang tak melupakan sejarah,” pungkas Wahyu. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content