Anak Berita

Kelurahan Wonokoyo Tingkatkan Partisipasi Anak dalam Pembangunan

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Generasi muda menjadi salah satu potensi masa depan bangsa dan berperan penting dalam keberlanjutan pembangunan bangsa. Untuk menjaring potensi tersebut, anak-anak perlu dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan. Salah satunya dilakukan oleh Kelurahan Wonokoyo, dengan menggelar sosialisasi peningkatan peran serta anak dalam pembangunan di tingkat kelurahan, Minggu (26/11/2023).

sosialisasi peningkatan peran serta anak dalam pembangunan di tingkat kelurahan

Sosialisasi yang diselenggarkan di Aula Kelurahan Wonokoyo ini dihadiri puluhan anak usia remaja. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam komunitas, organisasi, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Kegiatan ini juga ditujukan agar anak mampu mengatasi krisis jati diri yang mungkin dialami karena berbagai faktor.

“Semoga anak-anak ini bisa masuk dan aktif dalam forum anak yang ada di kelurahan, sehingga dapat mendorong pelibatan anak dan melihatnya sebagai manusia utuh agar kelak bisa menjadi penerus, pemimpin masa datang. Tentunya kami ingin memberikan ruang bagi anak untuk berpartisipasi dalam pembangunan negara sesuai porsi dirinya sebagai anak,” tutur Lurah Wonokoyo, Bagus Vavan Setiawan, ST.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Nirma Yullidya, S.PSI., M.PSI., Psikolog yang memberikan motivasi pada anak dengan mengangkat tema ‘Menjadi Anak dan Remaja Hebat yang Kekinian’. Menurut Nirma untuk menjadi anak ‘hebat’ penting untuk dapat mengenali potensi dirinya masing-masing, memiliki semangat belajar yang tinggi, serta bertanggung jawab dan memiliki budi pekerti yang baik.

“Anak-anak juga harus menilai dirinya penting dan mampu meraih cita-cita. Karenanya penting sekali untuk memiliki rasa percaya diri yang baik terhadap semua potensi diri yang ia miliki,” terangnya.

Lebih lanjut, Nirma menyebutkan bahwa anak-anak harus mampu beradaptasi dengan tuntutan lingkungan sosial yang dinilai penting bagi perkembangan dirinya. Selain harus mampu adaptif, penting bagi anak untuk memiliki sikap asertif yakni mampu dengan tegas menolak hal-hal yang buruk. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content