Berita

Jelang Iduladha, Pj. Wali Kota Malang Tinjau Sentra Penjualan Hewan Kurban

Klojen (malangkota.go.id) – Jelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah yang jatuh pada 17 Juni 2024 mendatang, sejumlah pemeriksaan terhadap sentra penjualan hewan kurban terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang. Seperti yang terlihat di salah satu sentra penjualan hewan kurban di Jalan Sulfat, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Sabtu (15/6/2024).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM saat meninjau sentra penjualan hewan kurban

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM pun turun langsung meninjau. Disebutkannya bahwa kegiatan pemeriksaan ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan hewan kurban di Kota Malang masuk dalam kategori aman, baik dari segi ketersediaan, kebutuhan maupun kesehatan. Dengan dilakukannya pemeriksaan di sentra penjualan hewan kurban, masyarakat yang akan membeli hewan kurban akan merasa aman dan nyaman.

“Alhamdulillah dari pemeriksaan di beberapa tempat penjualan yang dilihat Dispangtan tidak ada hewan kurban yang mempunyai indikasi penyakit tertentu. Tadi kita pasang stiker juga untuk menandakan hewannya sehat, dan yang membeli juga merasa aman,” jelasnya.

Senada, Kepala Dispangtan Kota Malang Slamet Husnan Hariyadi, SP menyebutkan bahwa hewan-hewan di sentra penjualan hewan kurban di seluruh wilayah di Kota Malang diperiksa kondisi fisiknya untuk memastikan hewan yang dijual termasuk dalam kategori hewan layak kurban sesuai dengan syariat dan ketentuan yang berlaku.

“Saat ini kita periksa kesehatan hewan secara fisik untuk melihat apakah hewan-hewan tersebut termasuk kategori hewan ternak yang layak untuk jadi hewan kurban. Alhamdulillah tidak ada indikasi penyakit seperti penyakit mulut dan kuku (PMK) ataupun Lumpy Skin Disease (LSD) pada hewan kurban di Kota Malang,” terangnya.

Selain melakukan pemeriksaan, Pemkot Malang juga menyediakan layanan penitipan penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang. Layanan ini utamanya ditujukan bagi masjid-masjid maupun musala yang menerima banyak hewan kurban. Jelang Hari Raya Iduladha ini RPH Kota Malang juga menambah jumlah Juru Sembelih Halal (Juleha) termasuk juga dokter hewan yang memantau kondisi kesehatan hewan kurban.

Di tahun ini, total ada 96 lapak penjualan hewan kurban di seluruh wilayah di Kota Malang. Jumlah ini hampir sama dengan jumlah tahun lalu. Sementara untuk jumlah hewan kurban yang dijual, hingga berita ini diturunkan, Dispangtan mencatat total terdapat 4.177 hewan kurban dengan rincian yaitu 267 ekor sapi, 3.638 ekor kambing, dan 272 ekor domba.(iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content