Berita Pelayanan Publik

Parkir Jadi Salah Satu Isu Prioritas Pj. Wali Kota Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Persoalan parkir menjadi salah satu isu prioritas yang menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Sebagai langkah dan upaya menyelesaikan persoalan parkir, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Iwan Kurniawan, ST, MM meninjau secara langsung dua titik parkir di Kota Malang yaitu di luar Stadion Gajayana dan Kawasan Kayutangan, Selasa (27/8/2024).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Iwan Kurniawan, ST, MM saat meninjau parkir Stadion Gajayana

Iwan Kurniawan mengungkapkan peninjauan langsung ke lapangan ini untuk melihat secara langsung kondisi parkir di Kota Malang setelah melakukan beberapa tahapan. Diantara memetakan dan mengidentifikasi sejumlah isu strategis termasuk terkait tata kelola parkir bersama Dinas Perhubungan Kota Malang.

“Setelah berdiskusi untuk melihat beberapa isu, kemudian melihat beberapa proses perkembangan tata kelola oleh Dinas Perhubungan, salah satu isu yang sangat prioritas itu adalah parkir,” terang orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang tersebut.

Sebagai tindak lanjut digelar rapat koordinasi pendalaman terkait teknis yang mengerucut ke perangkat daerah terkait, detail teknis yang kemudian mengerucut ke lapangan. Pj. Wali Kota Malang menyampaikan langkah-langkah ini menjadi upaya Pemkot Malang untuk mengatasi beberapa masalah terkait dengan parkir.

“Dari hasil diskusi, saya sudah minta Pak Kadishub untuk memaparkan secara detail terkait masalah parkir ini. Baik itu parkir khusus, umum maupun parkir di tepi jalan. Banyak isu yang perlu ditangani, mulai dari kebijakan, sarana dan prasarana, hingga penertiban parkir di tepi jalan,” terang Iwan.

Beberapa kendala yang teridentifikasi terkait penataan parkir adalah kebijakan, pendataan dan anggaran. Sehingga akan dikuatkan koordinasi dengan berbagai lintas sektor terkait juru parkir untuk merumuskan solusi terbaik.

“Saya ingin kebijakan terkait penanganan parkir disusun secara matang dan clear disepakati oleh seluruh stakeholder. Sehingga terkait dengan pelaksanaan penataan parkir dapat lebih baik,” pungkasnya. (cah/yul)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content