Berita Lansia

Tingkatkan Keterampilan Warga, Kelurahan Tunjungsekar Gelar Pelatihan Batik Shibori

Malang, (malangkota.go.id) – Kelurahan Tunjungsekar menggelar pelatihan membuat batik Shibori (Shibotik) yang diikuti oleh 30 warga di Gedung Serbaguna Kelurahan Tunjungsekar, Rabu (19/10/2022).

Pelatihan Membuat Batik Shibori (Shibotik) di Gedung Serbaguna Kelurahan Tunjungsekar, Rabu (19/10/2022).

Lurah Tunjungsekar, Subhan Effendy, ST, M.AP dalam sambutannya mengatakan pelatihan membatik dengan menggunakan teknik yang berasal dari Jepang ini digelar dalam rangka meningkatkan keterampilan warganya, terutama warga yang memasuki usia lansia. Pelatihan batik shibori ini dimentori oleh Drs. Sholehudin dari Batik Manggur, Probolinggo.

Subhan juga mengatakan, kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi pengisi waktu saja, akan tetapi juga diharapkan mampu berdampak pada kehidupan warga Tunjungsekar sendiri.

“Saya berharap agar ilmu yang akan diberikan nanti bisa diserap semaksimal mungkin. Dipraktikan dengan sungguh-sungguh, agar berdampak kepada kita semua,” ujarnya.

Menurutnya, kerajinan batik ini sendiri merupakan salah satu potensi UMKM yang bisa meningkatkan ekonomi rumah tangga warga. Dia menambahkan, bahwa dengan adanya gonjang-ganjing datangnya resesi yang mungkin terjadi nanti, UMKM diharapkan mampu berperan sebagai penyelamat ekonomi Indonesia dari dampak akibat resesi yang menyebabkan masalah serius bagi beberapa negara di dunia.

“Membahas mengenai resesi yang kabarnya akan datang nanti, sudah saatnya untuk menghidupkan UMKM. Karena Indonesia berhasil selamat dari resesi sebelumnya, karena UMKM-nya hidup,” tambahnya. (ayu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content