Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memberikan sosialisasi pembiayaan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) bagi para ASN, Senin (14/10/2024). Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso, S.T., M.T. menyebutkan ini menjadi salah satu upaya Pemkot untuk meningkatkan kinerja aparaturnya dengan memfasilitasi pemenuhan kebutuhan primer, yakni tempat tinggal.

Sosialisasi Tapera di MCC Kota Malang

Sekda Kota Malang mengapresiasi diselenggarakannya sosialisasi ini yang menjadi media untuk memberikan informasi detail mengenai pembiayaan Tapera, yang meliputi kredit kepemilikan rumah pertama, kredit pembangunan rumah, serta kredit renovasi rumah bagi para PNS.

“Akses untuk memiliki perumahan bagi para aparatur kami informasikan. Dari sini kami berharap semua aparatur Pemkot Malang memiliki hunian layak. Di sini, akan diinformasikan secara mendetail oleh BP Tapera, BTN syariah, dan akses perbankan lain,” terangnya.

Ia menekankan bahwa tidak ada kewajiban untuk mengikuti program ini. “Tidak ada kewajiban. Tapi di sini kita memberikan informasi, ASN punya hak untuk memanfaatkan fasilitas ini,” sambungnya.

Erik menyebut bahwa Pemkot Malang juga telah menyediakan perumahan PNS dengan subsidi dari Pemkot Malang. Diketahui bahwa Pemkot Malang memiliki perumahan bagi para PNS yang terletak di Lesanpuro, Joyogrand, Bandulan, dan Bandungrejosari dengan jumlah ribuan unit.

“Saat ini pembangunan perumahan PNS di wilayah Kelurahan Bandulan dan Kelurahan Bandungrejosari sudah memasuki tahap yang signifikan, dengan rencana pembangunan sekitar 560 unit rumah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 390 rumah telah ditetapkan melalui surat keputusan wali kota, sementara sisanya masih dalam proses penyelesaian administrasi perbankan serta pengajuan pengesahan SK,” beber Erik.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang, Hendro Martono, S.AP berharap agar para ASN dapat memanfaatkan Tapera untuk bisa memiliki rumah. “Sebenarnya sudah dari dulu ada, namanya Bapetarum. Tapi prosesnya tidak seterbuka saat ini dengan nama Tapera. Kami harapkan semakin banyak teman-teman yang memanfatkannya,” ucapnya.

Hendro membeberkan bahwa untuk peminat perumahan PNS yang saat ini sedang ditawarkan di kawasan Bandulan sangat tinggi. Diungkapkannya, ada lebih dari 2.000 ASN yang mengajukan permohonan, namun demikian setelah proses seleksi dan verifikasi baru direalisasikan sekitar 490 unit. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content