Berita Inovasi Pelayanan Publik

Launching Tiga Program Unggulan Perumda Tugu Tirta

Kedungkandang (malangkota.g.id) – Pelayanan publik memegang peranan penting dalam keberhasilan tata kelola pemerintahan, sehingga perlu disepakati bersama bahwa pelayanan yang efisien dan sinergis akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara tepat, cepat, dan transparan.

Launching TTC di kantor Perumda Tugu Tirta Kota Malang (Foto: Prokompim Setda Kota Malang)

Hal ini ditekankan Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat hadir meresmikan tiga program unggulan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Selasa (15/4/2025). Tiga program inovatif yang diluncurkan tersebut adalah aplikasi Tugu Tirta Connect (TTC), konstruksi meter air horizontal atas, serta promo diskon 50% bagi 111 pendaftar pertama, promo spesial yang hadir dalam rangka menyemarakkan HUT ke-111 Kota Malang

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu mengungkapkan bahwa aplikasi TTC yang diluncurkan ini menjadi langkah strategis dalam pengembangan pelayanan yang lebih responsif dan berbasis teknologi. Dengan kata lain, program ini merupakan langkah nyata penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Kota Malang, yang memberi kemudahan akses bagi pelanggan untuk memperoleh informasi, menyampaikan keluhan, maupun melakukan transaksi layanan secara digital, cepat, dan transparan.

“Di sisi lain, peluncuran tiga inovasi ini dapat saya nilai sebagai langkah progresif yang sejalan dan mendukung pencapaian misi keempat Kota Malang, yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang efisien dan sinergis,” imbuh Wahyu.

Tidak hanya sebagai pencapaian teknis, tetapi ini juga pengejawantahan dari semangat Dasa Bakti Wali Kota Malang bersama Wakil Wali Kota Malang yaitu Ngalam Ngopeni, yang berprinsip pelayanan sepenuh hati, berorientasi pada penjaminan perlindungan sosial dan peningkatan kesejahteraan bagi segenap masyarakat secara berkeadilan.

Wahyu pun berharap adanya inisiatif-inisiatif baru yang lahir dari perangkat daerah dan perumda lainnya. Hal ini sebagai upaya untuk semakin meningkatkan layanan kepada masyarakat. “Untuk itu, jangan pernah berhenti berkreasi, jangan ragu untuk bertransformasi. Dunia berubah cepat, maka pemerintahan yang adaptif dan responsif adalah kunci untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Kota Malang yang kita cintai ini harus terus bergerak maju dengan semangat kolaborasi, inovasi, dan pelayanan publik yang prima,” bebernya.

Pada kesempatan ini Wahyu mengajak berbagai pihak untuk menjadikan momentum ini sebagai pengingat, bahwa pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah tugas mulia sekaligus amanah yang harus selalu dijaga dan tingkatkan. “Semoga seluruh program dan inovasi ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Kota Malang dan semakin memperkuat posisi Perumda Tugu Tirta sebagai ujung tombak pelayanan publik di bidang air bersih,” pungkasnya. (say/yn)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content