Berita

SMPN 9 Malang Incar Penghargaan Adiwiyata

Sukses meraih Juara II Green School Festival 2014 se Kota Malang untuk kategori SMP, membuat SMP Negeri 9 Malang semakin percaya diri dan berbenah. Melaju ke tingkat provinsi, se Green School Festival 2014kolah yang lokasinya berada di belakang Pasar Comboran ini optimis bisa meraih Penghargaan Adiwiyata, Senin (01/12).

Hartadi saat berada di taman SMPN 9 Malang yang tertata dengan rapi dan baik, Senin (01/12)
Hartadi saat berada di taman SMPN 9 Malang yang tertata dengan rapi dan baik, Senin (01/12)

Guru SMP Negeri 9 Malang, Hartadi mengungkapkan kesuksesan SMPN 9 meraih juara II Green School Festival 2014 beberapa hari yang lalu di Baiduri Sepah Ballroom Caffe dan Resto bukan kebetulan. SMPN 9 selama ini memang menerapkan dan menanamkan sejak dini kecintaan terhadap lingkungan pada anak-anak didik.

“Banyak kriteria untuk bisa meraih juara Green School, diantaranya terkait pengelolaan sampah, energi, air, dan penghijauan,” ujar Hartadi, Senin (01/12).

Meskipun halaman SMPN 9 Malang tidak begitu luas, sekolah ini dipenuhi berbagai tanaman yang tertata dengan baik. Di sekolah ini juga memiliki program sejuta bunga, anak sahabat bumi, dan bersih itu sehat, indah dan rapi. “Untuk bisa sukses meraih Adiwiyata, sekolah ini juga memiliki program oplosan,” terang Hartadi.

Oplosan di SMPN 9 berbeda dengan minuman oplosan beralkohol yang memabukkan dan dicekal oleh pihak yang berwajib, tetapi oplosan ini kepanjangan dari ojo polah ojo lali ojo ngrusak (baca, jangan bertingkah semaunya, jangan lupa, jangan merusak, red) lingkungan. Dengan program ini anak-anak diajarkan untuk mencintai lingkungan di sekitarnya sekaligus rajin menanam dan merawat tanaman. (cah/yon)

You may also like

Skip to content