Berita

Pemkab Situbondo Belajar Pemberdayaan Masyarakat Ke Pemkot Malang

Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan kerja dari Kabupaten Situbondo. Rombongan yang diterima di Ruang Rapat Wali Kota Malang ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Malang, Asisten Administrasi Pemerintahan, Kepala BKKPM, Kepala Bagian Hukum. Kunjungan kerja kai ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di masa mendatang, Rabu (27/5).

Diskusi antara Pemkot Malang dan Pemkab Situbondo berlangsung gayeng, Rabu (27/5)
Diskusi antara kedua pemerintahan berlangsung gayeng, Rabu (27/5)

Dalam sambutan Wali Kota Malang yang disampaikan oleh Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji, mengatakan bahwa Malang sebagai Kota Pendidikan, Kota Industri, dan Kota Pariwisata memiliki 57 kelurahan dimana setiap kelurahan sudah mendapatkan sanitasi dari BKM melalui PNPM.

“Kota Malang yang disebut sebagai Kota Pendidikan ini juga memiliki kurang lebih 80 perguruan tinggi di Malang yang peserta didiknya sebagian besar dari beberapa negara dan beberapa daerah. Hal tersebut sangat berpotensi untuk menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Malang,” ujarnya, Rabu (27/5).

Sementara itu, Wakil Bupati Situbondo Rachmad, SH, M.Hum dengan rombongan yang berjumlah lima orang mengenalkan tentang Kabupaten Situbondo yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 765 ribu jiwa, 17 kecamatan dan 133 desa ini memiliki prestasi yang unik, yaitu penanganan Keluarga Berencana yang sukses dilaksanakan di setiap desa.

Dua tahun kemarin, kata dia, pihaknya memiliki Puskesmas yang berbasis penanganan pada karakter yang berbeda. Salah satu contohnya Puskesmas khusus penyakit kusta dan Puskesmas khusus para waria. “Situbondo juga memiliki banyak pondok pesantren yang peserta didiknya mencapai puluhan ribu dan sebagian berasal dari luar negeri,” sambung Rachmad.

“Untuk penjelasan tentang pemberdayaan masyarakat secara teknis, Pemerintah Kabupaten Situbondo dapat berinteraksi langsung dengan Kepala Bagian SKPD yang bersangkutan. Sehingga terbangun komunikasi yang efektif dan efisien,” papar Rachmad. (say/hms/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content