Berita

Kota Malang Jadi Tuan Rumah LKS SMK ke-24 Tingkat Jatim

Kota Malang menjadi tuan rumah Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-24 Tingkat Jawa Timur. Kegiatan di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) yang diikuti 4.000 siswa SMK se-Jawa Timur ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. Syaifullah Yusuf serta dihadiri juga oleh Wali Kota Malang H. Moch. Anton, Senin (2/11).

Pembukaan LKS SMK se-Jatim di Graha Cakrawala UM, Senin (2/11)
Pembukaan LKS SMK se-Jatim di Graha Cakrawala UM, Senin (2/11)

Sebelum memberi sambutan, pria yang kerap disapa Gus Ipul ini mengajak seluruh peserta untuk menyanyikan lagu Indonesia Tanah Air Beta. Dengan penuh semangat ia mengajak seluruh siswa untuk meneriakkan ‘SMK Bisa’. “Saya yakin SMK akan sanggup menjadi pemenang, termasuk saat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” jelas Gus Ipu, Senin (2/11).

Agar bisa menjadi pemenang, seluruh siswa harus mampu meyakinkan diri sendiri bahwa mereka memang bisa. Hal utama untuk menjadi sukses adalah dengan mengalahkan kelemahan diri sendiri. Siswa harus selalu berpikir positif, yakin menentukan tujuan yang ingin dicapai, dan terus fokus dengan apa yang dicita-citakan.

“Bermimpilah setinggi- tingginya, dan jangan takut terjatuh. Jangan lupa kita harus tetap memiliki rasa cinta yang besar pada Tuhan, Rosul, agama, dan kedua orang tua,” tegas Gus Ipul.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Saiful Rachman, MM, M.Pd menyampaikan harapannya agar LKS Tingkat Jawa Timur yang akan dilaksanakan hingga 5 November 2015 ini bisa dijadikan barometer mengukur keberhasilan proses pembelajaran di SMK. Selain itu juga untuk membangun SMK menjadi lebih baik lagi.

“Saat ini sumber daya manusia yang andal sangat diperlukan terutama untuk dunia industri. Tantangan SMK mendatang harus mampu menyiapkan anak didik yang berkualitas dan sesuai keinginan pasar,” ucap Saiful.

Dalam LKS di Kota Malang ini nantinya akan dilombakan berbagai bidang keahlian siswa. Diantaranya bidang bisnis manajemen, teknologi pertanian, perikanan, teknologi dan rekayasa, teknologi informatika, pariwisata, bahasa, kesehatan, sains terapan, dan olahraga. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content