Berita

PPID Kota Malang Tarik Minat Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulteng

Klojen, MC – Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengadakan kunjungan studi ke Pemerintah Kota Malang, Rabu (21/12). Kunjungan ini diterima langsung oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Kota Malang dr. Supranoto, M.Kes didampingi oleh Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang. Sedangkan rombongan tamu dipimpin oleh Staf Biro Humas dan Protokol, Adiman Raja.

Tukar menukar cendera mata antara Pemkot Malang dengan Pemprov Sulteng

Di awal sambutan Walikota Malang yang dibacakan oleh dr. Supranoto, M.Kes mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran rombongan tamu Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulteng.

Supranoto manyampaikan bahwa informasi merupakan kebutuhan pokok bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosial serta bagian penting bagi ketahanan sosial. Hak untuk memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan hak keterbukaan informasi publik yang merupakan salah satu ciri penting negara demokrastis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujdkan penyelenggaraan negara yang baik.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 117 Tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi, dimana salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. 

Terkait hal tersebut, PPID Kota Malang yang berada di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika telah menetapkan standar layanan informasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik dengan menyediakan sarana, prasarana, dan fasilitas berupa layanan akses internet gratis, petugas pelaksana layanan informasi, instrumen transaksi, produk pelayanan, serta menetapkan waktu layanan informasi.

“Kota Malang telah memperoleh penghargaan sebagai Badan Publik dengan Meja Layanan Informasi Terbaik, Kota Terbaik se-Jawa Timur Tahun 2015 dan Peringkat II PPID Terbaik Kategori Kota se-Jawa Timur Tahun 2015 pada ajang PPID Award 2015,” imbuhnya. 

Berkaitan dengan prestasi dan penghargaan tersebut Pemerintah Kota Malang terus berkomitmen mengoptimalkan berbagai kinerja, terutama hal yang berkaitan dengan pelayanan serta penerapan teknologi informasi terbaru sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang terbaik demi mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Disisi lain, Adiman Raja menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kota Malang yang telah menerima kunjungan studi Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulteng.

Adiman mengungkapkan maksud dan tujuan dari adanya kunjungan ini adalah untuk mempelajari bagaimana menyampaikan informasi yang baik kepada masyarakat. 

“Sesuai dengan informasi yang didengar oleh Pemerintah Sulawesi Tengah, bahwa Pemerintah Kota Malang telah memiliki prestasi khususnya PPID Award yang terakses di internet sehingga kami memutuskan bahwa Kota Malang inilah tempat untuk kunjungan studi kami,” ungkapnya.

Melalui kunjungan studi ini, Ardiman berharap Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terutama Biro Humas dan Protokol dapat mendapatkan ilmu yang dapat dimanfaatkan untuk dapat memberikan keterbukaan layanan informasi publik yang baik bagi masyarakat. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content