Berita

Ini Upaya BPKAD Agar Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Optimal

Blimbing (malangkota.go.id) – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Malang menggelar Sosialisasi dan Pemanfaatan Barang Milik Daerah di Hotel Savana Malang, Rabu (20/12). Asisten Administrasi Umum Setda Kota Malang dr. Supranoto, M.Kes dan Kepala BPKAD Kota Malang Ir. Sapto Prapto Santoso, M.Si hadir dalam kegiatan ini.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Malang dr. Supranoto, M.Kes

Dalam sambutan Wali Kota Malang H. Moch. Anton yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Malang dr. Supranoto, M.Kes disampaikan bahwa tata kelola keuangan daerah yang baik berdampak bagi terselenggaranya good government dan clean government dalam upaya pembangunan kota.

“Karena pembangunan suatu daerah itu tidak terlepas dari aspek pengelolaan keuangan daerah yang dikelola dengan manajemen yang baik pula,” kata Supranoto membacakan sambutan wali kota.

Dijelaskan pula, jalannya roda pemerintahan sangat bergantung pada bagaimana pengelolaan keuangan daerah yang tahapannya dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan terakhir adalah pertanggungjawaban disertai pengawasan berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan pengelolaan aset daerah, lanjutnya, lebih ditujukan dalam mengembangkan kapasitas pemerintahan daerah. Oleh karena itu pemanfaatannya harus dioptimalkan agar bisa tepat guna dan mampu mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

“Disisi lain, pengelolaan aset daerah itu juga bertujuan dalam mewujudkan ketertiban administrasi kekayaan daerah hingga mengamankan aset daerah,” tukasnya.

Wali Kota Malang berpesan agar pengelolaan keuangan dan aset daerah harus dikelola secara tertib, efisien, efektif, ekonomis, transparan, tanggung jawab, serta memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat.

“Pemkot Malang mempunyai kewajiban dapat segera menerapkan baik standar akutansi pemerintahan yang baru maupun menyusun laporan aset daerah dengan tujuan akuntabilitas dan keterbukaan,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content