Berita

Kapolres Malang Kota Imbau Perbankan Tingkatkan Keamanan

Klojen (malangkota.go.id) – Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri beserta jajarannya melakukan inspeksi ke beberapa mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang ada di Kota Malang, Senin (26/3). Hal ini adalah dalam rangka mengantisipasi adanya aksi skimming atau aktivitas yang berkaitan dengan upaya mencuri data dari pita magnetik kartu atm secara ilegal untuk memiliki kendali atas sebuah rekening.

Kapolresta Malang, AKBP Asfuri (kiri) saat melakukan pengecekan di beberapa ATM guna mengantisipasi tindak kejahatan skimming

Kapolres Malang Kota langsung memeriksa keamanan mesin ATM seperti kamera CCTV (Closed-Circuit Television), serta hal-hal teknis lainnya dalam mesin ATM.

Tak hanya memeriksa, Kapolres Malang Kota juga mencoba memasukkan kartu ATM guna memastikan keamanan mesin. “Dari beberapa mesin ATM, ternyata tingkat keamanannya masih kurang, dan pihak Perbankan harus lebih waspada. Seperti tidak adanya kamera CCTV dan penutup keypad untuk memasukkan pin ATM,” ujarnya.

Beberapa perwakilan Perbankan termasuk dari Bank Indonesia Malang turut serta dalam inspeksi ini, sehingga Kapolres Malang Kota pun langsung menyampaikan hasil temuannya untuk nantinya terus bersinergi dengan Perbankan serta memberikan imbauan kepada masyarakat agar lebih waspada terutama saat menggunakan mesin ATM yang tempatnya relatif sepi.

“Sebelum memasukkan kartu ATM, periksa dulu apakah ada hal  yang mencurigakan dan tutup keypad mesin saat memasukkan nomor PIN. Jangan mudah percaya pada orang yang baru dikenal dan ingin membantu ketika ada masalah di mesin ATM. Jika hal itu terjadi, segera lapor ke bank yang bersangkutan,” imbau AKBP Asfuri.

Meski sejauh ini belum ada laporan ke Mapolres Malang Kota terkait kasus skimming, namun AKBP Asfuri mengimbau dan berharap masyarakat lebih waspada. Selain aparat Kepolisian yang akan terus disiagakan setiap saat melalui patroli, semua elemen masyarakat juga diimbau agar turut peduli terhadap tindak kejahatan baru ini. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content