Berita

Pelaku UMKM Harus Mampu Bersaing di Era 4.0

Blimbing (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menekankan agar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terus bertumbuh sehingga mampu menjadi penyangga perekonomian daerah.

2nd IRCEB

Hal ini ditegaskan Wali Kota Malang saat menjadi pemateri dalam “2nd International Reserach Conference on Economics and Bussines (IRCEB)” yang digelar oleh Universitas Negeri Malang di Hotel Savana Kota Malang, Senin (22/10).

Sutiaji menerangkan bahwa selama ini UMKM teruji dan bisa bertahan dalam melawan arus ekonomi global yang terus berkembang. Jadi menurutnya keberadaannya harus mendapat dukungan dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat.

Beberapa problem UMKM, termasuk dalam bidang permodalan harus ada solusi bersama antar lembaga, sehingga para pelaku di dalamnya mampu mengakses modal dengan bunga yang rendah atau bahkan bisa tanpa bunga sekalipun.

“Ini adalah tantangan bagi kita bagaimana tahun 2018 ini menjadi starting point untuk memajukan UMKM kita,” ucap Sutiaji.

Dikatakan pula, semangat pengembangan UMKM ini harus menjadi perhatian bersama agar hal ini bisa terealisasi. Karena itu, dalam kesempatan tersebut Wali Kota Malang mendorong Dinas Koperasi dan Usaha Mikro agar terus memperhatikan dan mengembangkan potensi para pelaku usaha di dalamnya. “Saya harap tahun 2019, usaha yang mikro bisa naik kelas jadi menengah dan seterusnya,” harapnya.

Sutiaji menambahkan, koperasi sebagai lembaga keuangan juga diharapkan mampu bersinergi dengan baik dengan UMKM. Tujuannya tak lain agar keduanya mampu menjadi penopang perekonomian khususnya di Kota Malang.

“Ke depan UMKM kita harus bisa masuk dalam sistem 4.0 dan mampu bersaing di dalamnya, karena itu butuh dorongan dan sentuhan kebijakan serta persiapan yang matang,” pungkas Sutiaji. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content