Artikel

Membanggakan, Ini Mobil Hemat Energi Karya Tim Mekatronic UMM

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Genetro Suryo U.E.V 06 adalah mobil hemat energi karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang yang selama ini selalu menjadi yang terbaik dalam setiap kontes mobil hemat energi. Mobil generasi keenam yang dibuat pada awal tahun 2018 ini kini terus disempurnakan oleh para mahasiswa agar performanya lebih baik lagi.

Tim Mekatronic saat uji coba Genetro Suryo U.E.V 06

Berawal dari sebuah tugas mata kuliah, sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang membuat sebuah mobil hemat energi yang menggunakan tenaga baterai lithium. Seiring berjalannya waktu, saat ada kontes mobil hemat energi, mobil Genetro Suryo U.E.V 60 ini meyabet prestasi terbaik.

Prestasi terbaik dalam kategori urban listrik itu diraih pada kompetisi mobi hemat energi di Universitas Negeri Padang pada November 2018 lalu. Mobil yang dirakit oleh Tim Mekatronic ini menghabiskan dana sekitar Rp100 juta yang berasal dari sponsor dan internal kampus.

Ketua Tim Mekatronic, Afrianto, Rabu (27/03/2019) mengungkapkan bahwa mobil ini mengandalkan mesin BLDC motor 400 watt dengan tempurung berbahan carbon fiber dan sasis aluminum. “Untuk pelek berukuran 17 inchi dengan roda dasar berukuran 1.250 milimeter dan memiliki bobot 80kilogram. Mobil ini memiliki kecepatan 35 kilometer per jam dan setelah baterai di-charge selama satu jam dapat menempuh jarak 335 kilometer per jam,” terangnya.

Komponen mobil ini, urainya, menggunakan bahan yang minim gesekan, sehingga saat mobil berjalan gesekannya juga minim dan memerlukan energi dalam skala kecil. “Untuk sistem kerjanya, menggunakan motor listrik sebagai penggerak yang dilengkapi sistem pengereman, penerangan dan klakson,” imbuhnya lagi.

Mobil yang akan berlaga kontes internasional Shell Eco-Marathon Asia yang akan digelar di Malaysia pada April nanti, dalam empat bulan ini terus dilakukan penyempurnaan di beberapa bagian dan komponen. Di ajang tersebut, Tim Mekatronic kembali menargetkan bisa meraih juara satu.

Sementara itu, dosen pembimbing Tim Mekatronic, Muhammad Jufri mengatakan jika berbagai komponen mobil ini sudah di-upgrade sehingga performanya lebih baik jika dibanding kondisi ketika mengikuti lomba tahun lalu. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content