Berita

Pemkot Malang Terima Kunjungan Pemkot Sukabumi

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Rabu (18/9/2019). Kunjungan dari Pemkot Sukabumi yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fachmi, S.Ag., M.M.Pd tersebut diterima oleh Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dan Sekda Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH di Ruang Sidang Balai Kota Malang.

Wakil Wali Kota Malang (kanan) dan Wali Kota Sukabumi bertukar cinderamata

Wali Kota Sukabumi pada kesempatan kali ini didampingi oleh Asisten Pemerintahan setda Kota Sukabumi Drs, H. Andri Setiawan dan lurah se-Kota Sukabumi. Kunjungan kali ini adalah dalam rangka ingin mengetahui pengelolaan sampah di Kota Malang.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Malang mengungkapkan bahwa dalam rangka mewujudkan Kota malang yang berwawasan lingkungan, akan mencakup banyak aspek yang melingkupinya, utamanya bagaimana langkah upaya dalam mengatasi persoalan sampah yang saat ini mencapai kurang lebih 600 ton per hari.

Untuk itu, maka dalam mengelola sampah diperlukan adanya kepastian hukum, kejelasan tanggung jawab dan kewenangan pemerintah daerah. Hal inilah yang men-dasari dikeluarkannya Perda no. 10 tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Malang.

“Seiring hal tersebut, Kota Malang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan, diantaranya melalui pembentukan Bank Sampah Malang, kader lingkungan, serta dilakukan berbagai pelatihan di TPST Supit Urang, seperti komposting dan produk kerajinan, salah satunya melalui sistem 4R,” jelas Sofyan Edi.

4R yaitu reduce atau mengurangi, reuse atau memakai kembali, recycle atau mendaur ulang, replace atau mengganti dan pemanfaatan gas metana di TPST Supit Urang yang telah dinikmati oleh 408 KK warga sekitar sebagai pengganti bahan bakar, yang sekarang baru termanfaatkan sekitar 5 persen dari potensi yang ada.

Wawali juga menyampaikan cita-cita Kota Malang dalam mewujudkan predikatnya sebagai Kota Pendidikan, Kota Pariwisata, sekaligus Kota Industri. Seiring berjalannya waktu, cita-cita tersebut mulai terealisasi berkat dukungan SDM mahasiswa yang cukup besar di Kota Malang.

“Dalam hal terwujudnya kota industri dengan basis ekonomi kreatif, kami terus berusaha untuk mengkolaborasikan potensi yang ada, mulai dari seluruh perguruan tinggi, pelaku bisnis, hingga tokoh masyarakat yang ada di Kota Malang,” imbuh Bung Edi, demikian sapaan akrab Wawali Kota Malang.

Sementara itu Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fachmi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkot Malang dalam kunjungan studi ini. Achmad Fahmi juga menyampaikan harapannya agar setelah pulang dari kunjungan studi ini, Pemkot Sukabumi dapat mengambil pembelajaran dari upaya pengelolaan sampah yang telah dipaparkan oleh Pemkot Malang.

“Malu agaknya apabila sepulang dari Kota Malang, kita yang sudah membawa rombongan besar termasuk jajaran lurah masih belum dapat mengimplementasikan keunikan Malang dalam pengelolaan sampahnya. Maka dari itu mari kita bersama-sama berusaha untuk mewujudkan tujuan kita dengan menjalankan koordinasi secara maksimal,” tuturnya.

“Semoga dengan adanya kesempatan ini, kita dapat menjadi keluarga besar dalam konteks sama-sama membangun negara kita tercinta kita melalui kota kita masing-masing, ” tutup Wali Kota Sukabumi. (Rn/EM/yon)

Baca juga dalam : Berita
Kamis, 17 Oktober 2019 5:00 WIB

Wakil Menteri ESDM Resmikan PJU-TS di Kota Malang