Berita

Penghargaan Natamukti: Apresiasi Bagi Daerah Pegiat UMKM

Bogor (malangkota.go.id) – Setelah sukses dengan acara edisi ketiga Gebyar UKM Indonesia 2018 yang dihadiri hampir 8.000 UKM dari seluruh Indonesia, MarkPlus, Inc. lewat MarkPlus Institute kembali bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Republik Indonesia serta International Council for Small Business (ICSB) Indonesia menggelar edisi ke-4 dengan nama baru Galang UKM Indonesia 2019 yang hadir di 25 kota-kabupaten di Indonesia.

Para kepala daerah foto bersama usai menerima penghargaan

Dengan mengusung tema “Menuju UKM Brilian: Kreatif – Inovatif – Kompetitif” diharapkan UKM Indonesia yang berdaya saing tinggi akan tampil percaya diri menghadapi persaingan yang semakin kompetitif ditingkat nasional maupun global.

“Sudah bukan waktunya kita hanya bersaing di dalam negeri, terutama dalam hal kewirausahaan. Harus punya kemauan, tekad, dan inovasi agar bisa bersaing kancah internasional,” ujar Founder & Chairman MarkPlus, Inc. yang juga Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya.

Gelaran Galang UKM kali ini digelar di Bogor pada Selasa, 7 Oktober 2019 dan merupakan kota ke-10 (sepuluh), 2019 setelah sebelumnya hadir di kota Mataram pada Kamis, 3 Oktober 2019. Roadshow di 25 kota dan kabupaten, Galang UKM Indonesia 2019 dimulai 5 September di Samarinda dan berakhir 25 November di Banyuwangi. Khusus di Bogor, gelaran ini diberi nama Galang UMKM Indonesia 2019 Bogor.

Kegiatan Galang UKM Indonesia 2019 Bogor terdiri dari tiga rangkaian agenda utama, yakni penghargaan Natamukti dan apresiasi dari ICSB Indonesia Presidential Award bagi para pihak yang mendukung dan berkontribusi positif terhadap kemajuan UKM di Indonesia, seminar UKM, seminar untuk menambah wawasan para pelaku UKM, serta pameran dan kurasi UKM Brilian, yakni sesi pameran & seleksi para pelaku UKM di setiap kota untuk memperoleh predikat UKM BRILIAN 2019.

Dalam acara ini, hadir para kepala daerah dan para pelaku UKM yang membagikan ilmunya kepada masyarakat. Selain Hermawan, hadir Wali Kota Bogor Bima Arya, Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Rully Indrawan dan Jacky Mussry, Chairman ICSB (International Council for Small Business) Indonesia.

Dan untuk membantu para kepala daerah agar terus memacu UMKM-nya berkembang, Hermawan Kartajaya bersama ICSB Indonesia sejak tiga tahun lalu memperkenalkan Penghargaan Natamukti. Penghargaan ini adalah apresiasi bagi para daerah yang dianggap berhasil memajukan UMKM-nya.

Penghargaan ini dibagi menjadi tiga kategori. Natamukti diberikan kepada kota dan/atau kabupaten yang berhasil dalam mempromosikan UMKM lokal, mendorong peningkatan kualitas produk UMKM lokal, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Adapula Natamukti Ganapravara. Penghargaan ini diberikan kepada pemenang Natamukti Nindya tahun-tahun sebelumnya yang terus menunjukkan kinerja bagus di tahun berikutnya. Atau dengan kata lain, mereka adalah yang sudah pernah meraih Natamukti Nindya dan hingga kini terus menunjukan kinerja positif dalam memajukan UMKM di daerahnya.

Natamukti Nindya sendiri adalah penghargaan tertinggi dari Natamukti. Kota atau kabupaten peraih Natamukti Nindya adalah terbaik dari yang terbaik dari semua peraih Natamukti.

Penentuan penerima Penghargaan Natamukti ini dilakukan melalui proses panjang. Dimulai dari riset yang dilakukan tim ICSB dari berbagai daerah, yang kemudian diverifikasi di lapangan oleh tim ahli ICSB mengacu pada Model Natamukti, yaitu bagaimana melakukan pengembangan UMKM yang Terpercaya, Terdepan, dan Teratur.

Berikut daerah penerima penghargaan Natamukti 2019 :

Natamukti Kategori Kota

Yang dihadiri langsung kepala daerah/wakil kepala daerah

  1. Kota Balikpapan
  2. Kota Bandung
  3. Kota Bengkulu
  4. Kota Jakarta Timur
  5. Kota Jambi
  6. Kota Malang
  7. Kota Medan
  8. Kota Padang
  9. Kota Pontianak
  10. Kota Tangerang
  11. Kota Tangerang Selatan

Diwakilkan

  1. Kota Batam
  2. Kota Cirebon
  3. Kota Palembang
  4. Kota Pekanbaru
  5. Kota Samarinda
  6. Kota Solo

Natamukti Kategori Kabupaten

Yang dihadiri langsung kepala daerah/wakil kepala daerah

  1. Kabupaten Bojonegoro
  2. Kabupaten Deli Serdang
  3. Kabupaten Karanganyar
  4. Kabupaten Kulon Progo
  5. Kabupaten Lamongan
  6. Kabupaten Pasuruan
  7. Kabupaten Pekalongan
  8. Kabupaten Purwakarta
  9. Kabupaten Serang
  10. Kabupaten Siak
  11. Kabupaten Subang
  12. Kabupaten Trenggalek

Diwakilkan

  1. Kabupaten Bandung
  2. Kabupaten Boyolali
  3. Kabupaten Ngawi
  4. Kabupaten Pelalawan

Natamukti Ganapravara

Yang dihadiri langsung kepala daerah/wakil kepala daerah

  1. Kota Banjarbaru
  2. Kota Bogor
  3. Kabupaten Bantaeng

Diwakilkan

  1. Kabupaten Banyuwangi
  2. Kabupaten Badung

Natamukti Nindya

Yang dihadiri langsung kepala daerah/wakil kepala daerah

  1. Kabupaten Sleman

Diwakilkan

  1. Kota Surabaya
  2. Kabupaten Belitung

 


Untuk informasi lebih lanjut acara ini, silahkan hubungi:

Jaka Perdana
Corporate Communication Markplus Inc.
0818201958

jakaperdana@markplusinc.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content