Berita

Ratusan Warga Malang Antusias Tambah Stok Darah di PMI

Malang, (malangkota.go.id) – PMI Kota Malang bekerja sama dengan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) menggelar road show donor darah di lima kecamatan yang ada di Kota Malang, yakni Kecamatan Blimbing 15 pendonor, Kecamatan Lowokwaru 50 pendonor, Kecamatan Sukun 56 pendonor, Kecamatan Kedungkandang 18 pendonor, dan Kecamatan 220 pendonor.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko Mengunjungi Pendonor yang Melakukan Donor Darah dalam Kegiatan Roadshow Donor Darah PMI Kecamatan Klojen

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko saat membuka acara tersebut mengajak masyarakat mendonorkan darahnya untuk membantu stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang. “Saya menangkap ini hal yang positif. Kemarin juga ada inisiasi dari masyarakat untuk donor plasma, kalau ini kan donor darah. Keduanya juga perlu digalakkan,” apresiasi Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko di Jalan Tangkuban Perahu No. 2 Kota Malang, Kamis (25/02/2021).

Tahapan dan prosedur donor darah ini meliputi, pertama calon pendonor registrasi di meja pendaftaran. Kedua, calon pendonor melakukan proses screening dan pemeriksaan guna melihat apakah calon pendonor memenuhi persyaratan menjadi pendonor. Syaratnya berusia 17-60 tahun, untuk umur 60 tahun ke atas harus ada surat keterangan dokter, tekanan darah normal, istirahat cukup, tidak minum obat dalam 3 hari berturut-turut, dan tidak menderita sakit.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko Melakukan Screening dan Pemeriksaan sebagai Calon Pendonor Darah

Selain persyaratan itu, ada persyaratan khusus yakni calon pendonor belum menerima vaksin Covid-19. Untuk calon pendonor yang telah menerima vaksin Covid-19, maka harus menunggu selama 4 minggu setelah dilakukan vaksinasi.

“Dari sekian banyak warga yang ingin donor itu kalau di-screening ada sebagian yang tidak lolos. Ada yang terkendala masalah kesehatan dan lain sebagainya, termasuk saya yang harus menunggu sampai 4 minggu setelah vaksin baru bisa donor,” terang Bung Edi yang juga mendaftar menjadi calon pendonor dalam kegiatan ini.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko Menyerahkan Cindera Mata Kepada Pendonor yang Usai Mendonorkan Darah

“Semakin hari semakin menurun untuk stok darah kita, sedangkan yang donor juga terus berkurang karena masa pandemi sehingga kami melakukan road show. Untuk peserta kegiatan donor darah adalah umum tidak terbatas hanya warga Kecamatan Klojen. Ada yang dari kabupaten, ada juga warga dengan KTP Jakarta, semua kami terima,” jelas Ketua PMI Kecamatan Klojen, Ir. Samsul Hadi.

PMI Kecamatan Klojen menargetkan dari 220 orang calon pendonor yang terdaftar ada 200 orang yang lolos screening dan dapat mendonorkan darahnya. Pendonor baik yang belum lolos screening dan pendonor yang telah mendonorkan darahnya menerima cenderamata dengan harapan memberikan apresiasi pada para pendonor agar lebih semangat. Melalui kegiatan road show donor darah ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap stok darah di PMI Kota Malang. (eka/ram)

You may also like

Skip to content