Berita

Hidup Sehat dengan Sayur-mayur Organik

Blimbing, (malangkota.go.id) – Tingginya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat membuat masyarakat melakukan budidaya sayur organik. Salah satunya Imam Syafi’i yang membuka usaha kebun organik di Jalan Simpang Sulfat Utara, Kelurahan Pandanwangi, Kota Malang, Rabu (9/6/2021).

Kebun tani organik di Kelurahan Pandanwangi

Imam Syafi’i mengungkapkan kebun yang dikelolanya saat ini adalah milik Abdul Hamid. Pihaknya hanya mengelola kebun sayur organik. “Belum lama kami membuka kebun sayur organik ini, kira-kira masih dua bulan,” jelas Imam.

Berbeda dengan pertanian konvensional yang menggunakan pupuk kimia, pertanian organik diakui Imam memang lebih sulit. Termasuk dalam hal pengendalian hama. Pasalnya jika pertanian konvensional mengendalikan hama tinggal disemprot dan hamanya mati, untuk pertanian organik tidak boleh. “Hama hanya kami usir saja tidak kami matikan, inilah seninya bertani secara organik,” tegas Imam.

Meski dari segi penanganan lebih rumit, Imam mengaku dari segi pemasaran dan harga pertanian organik justru lebih menguntungkan. Terlebih untuk masyarakat di perkotaan seperti di Kota Malang.

“Kota Malang sangat cocok untuk menjadi pasar sayuran organik. Kesadaran masyarakat untuk mendapatkan sayur yang sehat sangat besar,” terang Imam.

Keadaan ini tentu menjadikan peluang usaha sayur organik semakin besar. Pasalnya permintaannya banyak namun petaninya sangat terbatas. Untuk itu Imam optimis usaha yang dikelolanya bisa sukses. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content