Berita Pelayanan Publik

Kota Malang Siap Antarkan Era Baru Integrasi Data

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Desk Pemeriksaan atau Validasi Data Statistik Sektoral Tahun 2021 di Hotel Savana, Senin (17/1/2022). Acara ini bertujuan untuk mewujudkan satu data atau era baru pengintegrasian data di Kota Malang.

Acara Desk Pemeriksaan atau Validasi Data Statistik Sektoral Tahun 2021 di Hotel Savana

Kepala Diskominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos menyampaikan, hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Di mana pemerintah daerah perlu memiliki tata kelola data yang mutakhir, terintegrasi, dapat dipertanggungjawabkan, dan dapat dibagipakaikan baik antarinstansi pusat serta instansi daerah.

“Desk pemeriksaan atau validasi data statistik sektoral adalah salah satu usaha yang dilakukan dalam membangun tata kelola yang sesuai. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun oleh Diskominfo Kota Malang sebagai walidata, khususnya Bidang Statistik Persandian yang dilakukan di awal tahun,” jelasnya.

Ia menambahkan, desk pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk memeriksa keabsahan data statistik sektoral yang dihasilkan oleh perangkat daerah sebagai produsen data. Data yang telah divalidasi nantinya akan digunakan sebagai data pendukung dalam perencanaan pembangunan Kota Malang.

“Kegiatan ini dilakukan dengan memeriksa data tahun sebelumnya (2021) yang telah diinputkan perangkat daerah di dashboard Malang Satu Data. Yang dapat diakses melalui satudata.malangkota.go.id dengan menggunakan akun masing-masing perangkat daerah yang telah diberikan pada saat kegiatan bimbingan teknis sebelumnya pada bulan November 2021 lalu,” pungkasnya.

Pria yang akrab disapa Pak Wid ini menambahkan, nantinya akan menjadi basis informasi, dalam penyusunan perencanaan pembangunan dan pelaksana kegiatan pembangunan. Untuk itu, kata dia, ketersediaan data statistik sektoral sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi bagi perencanaan pembangunan, maupun evaluasi atas pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Acara ini merupakan hasil kerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang. Sedangkan peserta acara ini terdiri dari perangkat daerah, Kementerian Agama Kota Malang, Polresta Malang Kota, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, UPT Dinas Pendidikan Jawa Timur Kota Malang dan Kota Batu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Malang, PLN Kota Malang, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kota Malang. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content