Kedungkandang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menggelar rapat koordinasi di Balai RW 5 Puri Cempaka Putih I, Kedungkandang, Kota Malang, Jumat (4/2/2022). Pada rapat ini, Sutiaji meminta kepada instansi terkait agar aktif menyebarluaskan informasi tentang cuaca ekstrem yang terjadi beberapa bulan ini.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mendengarkan aspirasi seorang warga secara langsung Puri Cempaka Putih I

Cuaca ekstrem yang berubah-ubah yang menyebabkan hujan deras disertai angin kencang telah beberapa kali terjadi di wilayah Kota Malang. Oleh karena itu, Sutiaji meminta masyarakat agar selalu hati-hati dan waspada.

“Sebenarnya cuaca di Kota Malang sudah diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Nanti melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang bisa menyebarluaskan informasi tersebut,” ujar Sutiaji.

Sutiaji berharap, bentuk informasi yang diberikan bisa berupa infografis atau sejenisnya, supaya masyarakat mudah memahami. Tujuan akhirnya adalah meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita coba untuk melakukan mitigasi bencana dengan lebih baik. Supaya tidak ada korban akibat adanya bencana yang kita tidak tahu kapan datangnya,” sambungnya.

Sebagai pengalaman, kata dia, di wilayah Kecamatan Blimbing pernah tiba-tiba ada angin puting beliung yang luar biasa hingga menimbulkan korban jiwa. Selain itu, ada juga pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang.

“Saya minta Pak lurah dan Pak RW, kalau ada pohon-pohon yang kondisinya memprihatinkan untuk dilakukan penanganan. Jika memang ada hubungannya dengan Pemerintah Kota Malang, segera hubungi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” terang Sutiaji.

Selain kewaspadaan terhadap bencana alam, Sutiaji juga meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena di Kota Malang ada tren kenaikan jumlah kasus positif Covid-19 beberapa waktu terakhir ini. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content