Malang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji hadir dan meresmikan Hybrid Event Malang City Expo 2022, Senin (28/3/2022). Gelaran ini diinisiasi oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang yang menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Malang serta PT Multi Darma Persada.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengangkat salah satu karya peserta

Acara ini masuk rangkaian peringatan HUT ke-108 Kota Malang. Setidaknya ada 50 peserta pameran yang terdiri dari instansi kementerian/lembaga tinggi negara, BUMN, BUMD, pemerintah daerah melalui perangkat daerahnya, pelaku UMKM, IKM, dan UKM, serta lembaga pendidikan tinggi.

“Indonesia memiliki potensi luar biasa untuk bangkit dan ditunjukkan pada dunia. Kita punya kemampuan, sumber daya alam yang luar biasa, sumber daya manusia yang luar biasa, manusia terampil yang luar biasa,” ujar Sutiaji.

“Ini kalau kita kolaborasikan, dikuatkan dalam sebuah akselerasi potensi-potensi ini akan menjadi katalisator, daya ungkit bagi kita semua untuk bangkit menuju ekonomi yang berdaya, karena kalau kita tidak kuatkan ekonomi mikro, UMKM IKM, maka kita akan menjadi penonton di negeri sendiri,” sambungnya.

Menurutnya, Indonesia hanya sebuah nama, sebuah cita-cita saja. Namun jika mau bangkit dengan bangga terhadap produk dalam negeri, Insha Allah Indonesia akan menjadi salah satu ukuran pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, Kepala Diskopindag Muhamad Sailendra, ST., MM mengungkapkan, Malang City Expo ini merupakan salah satu dukungan Kota Malang dalam gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan gerakan berwisata di Indonesia saja. Selain itu, untuk mendukung promosi dan pemasaran produk UMKM dan industri kecil menengah yang terdampak Covid-19.

“Berikutnya adalah meningkatkan kunjungan dan kehadiran wisatawan nusantara di Kota Malang, serta meningkatkan digitalisasi berbagai bidang usaha dan pemasaran produk UMKM di Kota Malang. Selain itu, untuk meningkatkan kerja sama promosi antarinstansi daerah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan promosi daerah di tengah pandemi,” imbuh Sailendra.

“Malang City Expo ini merupakan kegiatan pameran dimana kita mengundang kementerian, mengundang daerah lain untuk mengenalkan dan mempromosikan Kota Malang baik itu UMKM-nya, produk kreatifnya, juga tempat wisata di Kota Malang. Sekaligus juga untuk meningkatkan aktivitas ekonomi di Kota Malang yang saat ini mulai bangkit setelah pandemi. Khususnya untuk meramaikan HUT ke-108 Kota Malang,” tutur Sailendra.

Sailendra mengungkapkan, dalam event ini Kota Malang menampilkan berbagai produk unggulan seperti keripik tempe dan buah, produk herbal, kerajinan, busana. “Event ini kita lakukan secara hybrid di mana pengunjung atau yang mau beli juga bisa mengakses channel Youtube,” tutupnya.

Event ini diselenggarakan selama empat hari, 28-31 Maret 2022 di Kartini Imperial Building pukul 10.00-20.00 WIB. Turut hadir pula dalam opening ceremony ini adalah Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Malang Widayati Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko beserta istri, Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav. Heru Wibowo Sofa, SH., M.Han, Kajari Kota Malang Zuhandi, SH., M.H, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Kartika, Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST., MT, serta para kepala perangkat daerah. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content