Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Tingkatkan Daya Saing, Disnaker PMPTSP Gelar Bimtek LPKS

Sukun (malangkota.go.id) – Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP) Kota Malang menggelar Bimbingan Teknis Lembaga pelatihan Kerja Swasta (LPKS) se-Kota Malang tahun 2022. Kegiatan yang diikuti 35 perwakilan LPKS ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai 28-30 Maret 2022) di LPK Universitas Merdeka (Unmer) Malang.

Para peserta foto bersama

Plt. Kepala Disnaker PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah, SE., MM mengungkapkan, pembangunan ketenagakerjaan dilaksanakan sebagai upaya menciptakan lapangan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran, serta pembangunan sumber daya manusia yang diarahkan pada pembentukan tenaga kerja profesional yang mandiri, beretos kerja tinggi dan produktif. “Oleh sebab itulah, maka peranan lembaga pelatihan kerja sangat strategis,” tegasnya.

Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Disnaker PMPTSP dalam pembinaan dan pemberdayaan sumber daya manusia, serta meningkatkan peran, fungsi, tugas dan tingkat kualifikasi kemampuan dari pada pengelola LPKS, dikatakan Mahmudah adalah dengan memberikan bimtek pengelolaan lembaga pelatihan.

“Dalam bimtek ini akan diberikan materi bagaimana mengembangkan lembaga pelatihan di era digital, berbasis vokasi, sistem pendidikan dan pelatihan yang dinamis dan mengikuti perubahan kebutuhan masyarakat, industri, aspirasi generasi muda dan ekonomi global yang berubah sangat cepat. Rancangan kurikulumnya bisa fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan industri selaku pengguna tenaga kerja,” urainya lebih lanjut.

“Setelah mengikuti bimtek selama tiga hari, yang terdiri dari pemberian materi, praktik dan pendampingan, diharapkan mutu penyelenggaraan pelatihan kerja dan kredibilitas serta daya saing LPKS Kota Malang semakin meningkat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tenaga Kerja Disnaker PMPTSP Kota Malang Ir. Titis Andayani, MM menyampaikan, bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kemampuan sumber daya manusia yang menyeluruh dan berkesinambungan.

“Hal ini guna peningkatan mutu penyelenggaraan pelatihan kerja dan meningkatkan kredibilitas serta daya saing LPKS yang ada di Kota Malang,” jelasnya. (yon/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content