Berita Seni Budaya dan Pariwisata

Purnapaskibraka Kota Malang Ditetapkan Jadi Duta Pancasila

Malang, (malangkota.go.id) – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menetapkan purnapaskibraka Jawa Timur Tahun 2021, termasuk Kota Malang menjadi Duta Pancasila. Purnapaskibraka Kota Malang dengan khidmad mengikuti secara virtual seluruh rangkaian pengukuhan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Sabtu (17/12/2022).

Pengukuhan Purnapaskibraka Jawa Timur Tahun 2021 di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Sabtu (17/12/2022).

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa tugas yang mulia membutuhkan pengorbanan yang luar biasa. Lebih lanjuti ia mengungkapkan kebinekaan Indonesia yang memiliki beragam suku, agama dan ras harus diikat dan dipersatukan dengan Pancasila.

“Mengutip apa yang pernah disampaikan almarhum Gus Dur bahwa hidup itu perlu perjuangan, setiap perjuangan butuh pengorbanan dan setiap pengorbanan besar pahalanya. Seperti para pejuang bangsa saat merebut dan mengisi kemerdekaan dengan pengorbanan yang luar biasa,” ungkap Khofifah

Oleh karena itu, ia mengajak purnapaskibraka sebagai Duta Pancasila untuk menyatukan pikiran, gerakan, dan barisan menjadi pagar untuk menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa Jawa Timur siap menjadi pelopor dalam mencetak ribuan pioner.

“Pioner yang akan memberikan pemahaman akan pentingnya nilai-nilai Pancasila bagi masyarakat melalui Duta Pancasila. Kemuliaan menjaga Republik Indonesia artinya ada perjuangan dan pengorbanan. Saat ini kita diajak meniti jalan keluhuran bangsa, meniti jalan itu bersama-sama dalam panduan BPIP,” paparnya.

Ia berharap para duta pancasila ini secara lahir dan batin faham sebagai referensi ideologi dan dalam rangka membumikan Pancasila. Ia mengungkap rasa syukur karena di akhir 2022 ada semangat baru untuk bisa bergandengan tangan lebih kuat lagi untuk menjadi pagar NKRI.

Selanjutnya, ia mengucapkan selamat kepada semua purnapaskibra se-Jawa Timur dan berharap ke depan keberlanjutan program dalam rangka membumikan Pancasila dapat terus dikuatkan.

Sementara itu, Ketua Purnapaskibraka Indonesia Kota Malang, Bachtiar menyampaikan total 75 orang purnapaskibraka Kota Malang tahun 2021 yang dikukuhkan sebagai Duta Pancasila ini.

“Sebagai Duta Pancasila dalam setiap lakunya, mereka berpegang kepada Pancasila serta menyosialisasikan Pancasila tidak hanya tentang lima poin tapi juga ada nilai-nilai lebih rinci yang terkandung dalam Pancasila yang perlu disosialisasikan. Selain itu juga seperti arahan ibu gubernur, tidak membedakan agamanya apa, suku apa, tapi karena berbeda tersebut mari bareng-bareng mencintai Indonesia,” ungkap Bachtiar. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content